Inovasi Mahasiswa Poltera Membuat Hand Tractor Remote

Mahasiswa Poltera membuat inovasi baru yaitu membuat hand tractor remote. Simak selengkapnya!

Inovasi Mahasiswa Poltera Membuat Hand Tractor Remote
Inovasi Mahasiswa Poltera Membuat Hand Tractor Remote. Gambar : Dok. Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek

BaperaNews - Mahasiswa dari Politeknik Negeri Madura (Poltera) bernama Syaifuddin membuat temuan baru di dunia vokasi. Mahasiswa jurusan Teknik Listrik Industri ini menciptakan alat traktor untuk kegiatan tanam menanam petani yang bisa dikendalikan dengan tangan memakai remot kontrol sehingga lebih mudah digunakan.

Mahasiswa Poltera buat hand tractor remote dimana alat bisa dikendalikan dari jarak jauh maksimal 1 km. Penemuan Syafiuddin ini telah masuk ke dalam laman resmi Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud.

Tentunya alat traktor dengan kendali tangan melalui remot kontrol ini kelak bisa memudahkan pekerjaan petani dalam membajak sawah, tidak perlu harus terjun langsung ke sawah.

Mahasiswa Poltera buat hand tractor remote bermula dari pengalaman pribadi Syaifuddin sebagai anak petani dimana ia selalu menemani ayahnya mengurus sawah dan membajak ladang.

Ia melihat sendiri ayahnya harus sering membawa dan mendorong traktor ke sawah kemudian membajak sawah di tengah panasnya matahari.

Sebab itu Syaifuddin mahasiswa Poltera buat hand tractor remote dengan harapan para petani seperti ayahnya bisa mengendalikan traktor dari jarak jauh. Ia melakukan riset untuk alatnya selama 9 bulan, usahanya mendapat dukungan penuh dari pihak kampus.

Baca Juga : Pria Obesitas 200 Kg Asal Tangerang Meninggal Dunia

“Sebenarnya membuat alatnya mudah, risetnya yang susah. Saya memulai riset selama 9 bulan, kalau sudah ada bahannya itu alat 3 hari saja sudah jadi. Mekanisme kerja dari hand tractor remote ini sangat mudah, bisa dikontrol dengan smartphone” kata Syaifuddin.

Bahan baku yang dipakai untuk membuat traktor remote ini sangat sederhana, cukup dinamo dan alat lain yang bisa didapat di rumah.

Alat tersebut kemudian digabungkan dengan teknologi smartphone sebagai remot kontrolnya. Alat ini masih ada kekurangan, yakni masih harus dikendalikan oleh manusia, belum bisa bergerak secara otomatis atau mandiri.

Dari inovasinya ini, Syaifuddin mendapat banyak penghargaan, ia dinilai bisa memberi manfaat untuk pekerjaan petani terutama di rumahnya di Sampang, Jawa Timur.

Sejumlah penghargaan yang didapat oleh hand tractor remote buatan Syaifuddin ialah Juara 2 Kompetisi Sampang Berinovasi 2022, Inotek Terinovatif III Tingkat Jawa Timur, dan Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tingkat Nasional.

Alat hand tractor remote ini mampu wujudkan impian Syaifuddin agar ayahnya tak lagi harus terkena terik matahari ketika membajak sawah. Ia berharap bisa terus kembangkan alat ini menjadi lebih canggih dan memperbanyak manfaat alat ini untuk petani.

Baca Juga : Bus Pariwisata Tabrak Truk Tronton, 1 Orang Tewas