Harga Tiket dan Jadwal Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur

Perayaan Hari Raya Waisak tahun 2023 di Indonesia akan dihiasi dengan acara Festival Lampion yang dilaksanakan di Candi Borobudur pada Minggu, 4 Juni 2023.

Harga Tiket dan Jadwal Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur
Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur. Gambar : Freepik.com/Dok. Pikisuperstar

BaperaNews - Hari Raya Waisak tiap tahunnya di Indonesia selalu dirayakan dengan berbagai acara, salah satunya ialah Festival Lampion yang dilaksanakan di Candi Borobudur, Magelang.

Festival Lampion Waisak Candi Borobudur ini sudah menjadi agenda tahunan. Tahun ini, Festival Lampion Waisak dilaksanakan pada Minggu (4/6).

Ribuan lampion indah akan diterbangkan para peserta. Tidak hanya umat Budha saja yang boleh mengikutinya, masyarakat umum atau dari agama apapun juga boleh jadi peserta dan menikmati keindahan terbangnya lampion ke angkasa.

Tiket Festival Lampion Waisak Candi Borobudur 2023

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh MBMI (@mbmi_pusat)

General Manager PT TWC Jamaludin Mawardi mengungkap tiket Festival Lampion Waisak Candi Borobudur 2023 ada 2 jenis yakni tiket untuk menerbangkan lampion dan tiket untuk melihat festival Lampion Waisak.

Harga tiket menerbangkan lampion ialah Rp 500.000 harus dibeli secara online. Sedangkan tiket untuk menonton festival Lampion Waisak atau hanya melihat lampion diterbangka Rp 50.000 bisa dibeli online maupun langsung di lokasi.

Tiket untuk menerbangkan lampion saat ini telah habis terjual, jadi hanya tersisa tiket untuk menonton festival saja.

Masyarakat dipersilahkan ikut meramaikan Festival Lampion Waisak 2023 dengan terlibat langsung di festival dan menikmati keindahannya.

Baca Juga : Mengenal Hari Raya Waisak: Sejarah, Makna, dan Perayaannya

Makna Festival Lampion Waisak 2023

Tema peringatan Hari Raya Waisak di tahun 2023 ini ialah “Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma di Kehidupan Sehari-Hari” dan subtema “Momentum Waisak Kuatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa serta Perdamaian Dunia”.

Rangkaian acara memperingati Hari Raya Waisak telah dimulai sejak Selasa lalu (23/5) dengan kegiatan bakti sosial serta pengobatan gratis di Candi Borobudur.

Para biksu yang telah menjalankan ritual thudong (jalan kaki dari Thailand hingga Indonesia) telah sampai di Candi Borobudur.

Acara lain yang juga dilaksanakan ialah pengambilan api abadi di Mrapen dan air suci di Umbul Jumprit, kirab membawa air abadi dan api abadi.

Dan puncak acaranya pada Festival Lampion Waisak ialah pada Minggu 4 Juni 2023 malam di marga utama Candi Borobudur, Magelang.

Festival Lampion Waisak 2023 sendiri bermakna pencerahan batin dan pikiran. Dalam agama Buddha, Sidharta Gautama disebut mencapai kesadaran sempurna tentang kebenaran kehidupan dan mencapai kondisi yang disebut Nirwana.

Lampion diterbangkan ke langit dengan doa-doa dan harapan agar segala keinginan lebih mudah terwujud karena berada lebih dekat dengan langit.

Baca Juga : Ritual Thudong: Perjalanan Spiritual Biksu Menuju Waisak 2567 BE