Penyebab Kenapa Kamu Sulit Buang Air Besar Ketika Berpergian Dan Liburan

Seringkali kan ngerasa susah BAB saat liburan? Ternyata adaloh penyebab ilmiah yang bikin kamu susah buang air besar saat pergi ataupun liburan, Berikut Penyebab dan Solusinya!

Penyebab Kenapa Kamu Sulit Buang Air Besar Ketika Berpergian Dan Liburan
Penyebab kenapa kamu sulit buang air besar ketika berpergian dan liburan. Gambar : freepik.com

BaperaNews - Salah satu masalah ketika liburan ialah masalah pencernaan, berupa diare maupun konstipasi atau sembelit. Masalah sembelit ini umum terjadi, peneliti mengungkap 40% orang yang bepergian mengalaminya.

“Masalah ini umum dialami” ujar Edwin Levine MD Gastroenterologis.

Menurutnya, hal ini karena adanya perubahan rutinitas. “Saya pikir masalah terbesarnya karena perubahan rutinitas” imbuhnya.

Edwin Levine menjelaskan, hal mengapa sulit buang air besar ketika manusia sedang liburan atau bepergian, tidak punya waktu untuk ke kamar mandi.

“Perbedaan jam muncul ketika kami bepergian atau kamu tak punya waktu untuk ke kamar mandi selama tiga sampai empat hari. Ketika jadwalmu ini tak teratur, maka tubuhmu juga tidak teratur” jelasnya.

Normalnya, tubuh akan memberi sinyal ketika tiba waktunya buang air, dan ketika liburan, sinyal itu diabaikan dan terlewat disadari.

Baca Juga : Menahan Kentut Ternyata Bisa Keluar Dari Mulut Loh!

Hal - Hal yang Menyebabkan Sulit Buang Air Besar Saat Liburan :

1. Tidak Nyaman dengan Kamar Mandi yang Asing

Merasa nyaman dan santai ialah kunci bagi kesehatan pencernaan. Berada di kamar mandi yang terasa asing misalnya khawatir dengan  kebersihannya membuat kerap terjadi sembelit.

2. Perubahan Kebiasaan Makan dan Minum

Ketika liburan, biasanya seseorang minum lebih sedikit, hal itu membuat dehidrasi dan konstipasi rentan terjadi. Sehingga jadi sulit buang air besar.

“Kapanpun kamu mulai merubah pola makan, akan muncul gangguan di siklus yang biasanya dialami pencernaan” paparnya.

Baca Juga : Viral! Pria Terekam Sedang Buang Air Besar Di Tempat Wudhu, Netizen Geram

3. Cemas dan Stres

Penyebab sulit buang air besar ialah rasa cemas dan stres seringkali muncul di perjalanan terutama ketika dalam perjalanan panjang, sebab itu sulit buang air besar bisa terjadi.

Cara Mencegah Konstipasi Ketika Liburan :

Meski sedang berlibur, penting untuk tetap menjaga kesehatan pencernaan agar tidak jadi masalah kesehatan yang menumpuk usai liburan.

“Coba konsumsi lebih banyak buah, salad, dan sayuran untuk membuat pencernaan lancar” terangnya.

Minum lebih santai menurut Edwin Levine juga bisa membantu jika terlanjur mengalami sembelit atau sulit buang air besar, bahan alami pereda konstipasi bisa dikonsumsi, namun sebisa mungkin hindari obat pencahar.

Pencernaan yang sehat dan lancar buang air tentu akan membuat liburan terasa lebih menyenangkan, sebab itu pilih makan-makanan yang bergizi dengan cukup serat sebelum dan selama liburan untuk membantu pencernaan tetap terjaga selama hari - hari bepergian.

Baca Juga : Gangguan Pencernaan ? 5 Makanan Sehat Ini Bisa untuk Pencegahan