Captain Tsubasa Bakal Tamat Tahun Ini, Kreator Pensiun

Kabar mengenai penutupan serial dan pensiunnya kreator Captain Tsubasa yang telah memukau penggemar selama bertahun-tahun. Simak selengkapnya!

Captain Tsubasa Bakal Tamat Tahun Ini, Kreator Pensiun
Captain Tsubasa Bakal Tamat Tahun Ini. Gambar : Instagram/@captaintsubasa.fc

BaperaNews - Setelah 43 tahun berkarya sebagai seorang mangaka, Yoichi Takahashi, kreator dari Captain Tsubasa, mengumumkan rencananya untuk pensiun.

Yoichi Takahashi saat ini tengah menggarap dua seri Captain Tsubasa yang berjalan, yaitu Captain Tsubasa: Rising Sun dan Captain Tsubasa: Memories. Keduanya dijadwalkan akan berakhir pada bulan April 2024.

Namun, Yoichi Takahashi menyatakan bahwa meskipun dia pensiun, warisan Captain Tsubasa akan tetap berlanjut dengan adanya seri baru yang akan dibuat oleh kreator lain.

Kreator Captain Tsubasa ini berjanji untuk mengawasi setiap naskah dari seri Captain Tsubasa yang baru di masa depan dan berharap agar alur cerita dapat menjelajahi wilayah yang belum pernah dieksplor sebelumnya.

Baca Juga : Manga Jujutsu Kaisen Akan Berakhir pada 2024

Keputusan Yoichi Takahashi untuk pensiun tidak datang dengan mudah. Selama bertahun-tahun, ia menghadapi berbagai masalah kesehatan, dan perubahan dalam lingkungan kreatif membantu dia mengambil keputusan ini.

"Saya pikir saya masih dalam keadaan sehat hari ini. Namun, karena terus membuat manga, penurunan kondisi fisik terkait usia menjadi tidak terhindarkan. Kecepatan menggambar saya telah melambat secara signifikan… lebih lagi, penglihatan saya telah menurun. Sulit untuk fokus," ungkap Yoichi Takahashi. Peralihan industri manga ke seni digital juga menjadi tantangan besar.

Dengan debut Captain Tsubasa pada tahun 1981, Takahashi menciptakan karya fenomenal yang telah terjual lebih dari 90 juta kopi, menjadikannya sebagai salah satu manga olahraga terbesar sepanjang masa. Karya-karya Takahashi, terutama Captain Tsubasa, dianggap sebagai klasik dan telah meninggalkan dampak besar di dunia manga dan anime.

Baca Juga : Daftar Soundtrack One Piece Film: Red