Pemkab Paluta Gelar Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tahun 2024

Padang Lawas Utara sukses menyelenggarakan Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak 2024. Baca selengkapnya di sini!

Pemkab Paluta Gelar Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tahun 2024
Pemkab Paluta Gelar Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tahun 2024. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPA&PPKB) sukses menyelenggarakan Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Gunungtua pada Rabu, 7 Februari 2024.

Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tahun 2024 dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Pj. Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmad Syukur P. Hasibuan, S.STP, MM, yang diwakili oleh Asisten 3 Administrasi Umum Maralobi, S.Sos, MM.

Hadir pula narasumber dari Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas PPPA&KB Provinsi Sumut, drg. Sywalini Fitri Sinaga, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait dan undangan lainnya.

Kepala Dinas PPPA&PPKB Kabupaten Padang Lawas Utara, Hasbullah Harahap, S. Sos, MM, memberikan sambutan pembukaan, menjelaskan bahwa Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tahun 2024 dilaksanakan sesuai dengan undang-undang dan regulasi terkait.

Tujuan utama kegiatan ini adalah melaksanakan perencanaan pembangunan yang berfokus pada pemenuhan hak dan perlindungan anak secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, menggarisbawahi pentingnya integritas kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan dalam menciptakan Kabupaten Layak Anak.

Prinsip-prinsip KLA, seperti nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak anak untuk hidup, dan tata pemerintahan yang baik, menjadi fokus dalam upaya mencapai tujuan tersebut.

Hasibuan menekankan perlunya sinergi dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Ia juga mengingatkan bahwa koordinasi antarstakeholder di daerah sangat penting untuk memenuhi hak-hak anak secara berkelanjutan.

"Proses pengembangan Kabupaten Layak Anak memerlukan koordinasi yang baik dari seluruh pemangku kepentingan di daerah. Kami mengajak semua pihak, termasuk lembaga masyarakat, media massa, dan dunia usaha, untuk berkomitmen dalam memaksimalkan Kabupaten Padang Lawas Utara sebagai Kabupaten Layak Anak," ungkap Hasibuan.

Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak diberi tugas untuk menyamakan persepsi mengenai indikator KLA, membuat kesepakatan dalam mempersiapkan data dukung, dan melakukan pemantauan serta evaluasi secara berkala terhadap perangkat daerah di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Hasibuan menegaskan bahwa keberhasilan Kabupaten Layak Anak dapat terwujud melalui upaya bersama-sama dari masyarakat dan pemerintah.

"Anak adalah aset dan modal sumber daya bangsa. Kami berterima kasih kepada panitia penyelenggara dan semua pihak yang turut serta dalam kegiatan ini. Mari bersama-sama memastikan anak-anak di Kabupaten Padang Lawas Utara mendapatkan perlindungan dan pemenuhan hak-haknya. Anak Terlindungi, Indonesia Maju," tutup Hasibuan.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Rapat Gugus Tugas Layak Anak Tahun 2024 Kabupaten Padang Lawas Utara oleh narasumber dari Dinas PPPA&KB Provinsi Sumut, drg. Sywalini Fitri Sinaga. Acara berjalan dengan baik dan sukses, menandai langkah awal sinergi pembangunan berbasis hak anak di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Penulis: Haryan Harahap