Netizen Nyinyir Usai Viral Video Rumah Mewah Menteri di IKN

Azwar Anas, Menteri PANRB, memberikan tanggapannya terkait viralnya rumah menteri di IKN Kaltim. Baca selengkapnya di sini!

Netizen Nyinyir Usai Viral Video Rumah Mewah Menteri di IKN
Netizen Nyinyir Usai Viral Video Rumah Mewah Menteri di IKN. Gambar : Dok. Kementrian PUPR

BaperaNews - Netizen di media sosial ramai membicarakan viralnya sebuah video yang menampilkan rumah menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Rumah menteri tersebut menuai banyak komentar dari netizen, yang kebanyakan mengomentari kemewahan dan ukurannya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Azwar Anas, memberikan tanggapannya terkait kehebohan ini. Dia menyatakan bahwa rumah menteri di IKN sebenarnya lebih kecil dibandingkan dengan rumah dinas menteri yang ada di Jakarta.

Meskipun begitu, Azwar Anas enggan membicarakan kemewahannya lebih lanjut, namun secara jelas ia menegaskan bahwa dari segi ukuran, rumah menteri di IKN memang lebih kecil.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menolak memberikan tanggapan terkait viralnya rumah menteri di IKN, dan mengarahkan pertanyaan tersebut kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Mobil Dinas Dibatasi, Pejabat Naik Transportasi Publik atau Sepeda di IKN

Di platform media sosial, terdapat lebih dari 1.800 repost yang dilakukan netizen terkait rumah mewah menteri di IKN. Banyak dari mereka mengekspresikan rasa tidak puas dan keheranan terhadap kemewahan rumah-rumah tersebut.

Diketahui bahwa sebanyak 36 unit rumah menteri telah dibangun di atas pegunungan, dengan rincian 24 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri Persil 104 dan 12 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri Persil 105. Konstruksi rumah-rumah tersebut dimulai sejak Desember 2022, dan saat ini sudah ada 2 unit yang rampung.

Rumah menteri tersebut dibangun dengan luas bangunan sekitar 580 meter persegi dan luas lahan sekitar 1.000 meter persegi. Setiap unitnya dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU), serta fasilitas umum dan sosial.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, mengonfirmasi bahwa sudah ada 2 unit rumah menteri yang telah selesai, termasuk interior dalamnya.

Baca Juga: Penduduk IKN Dibatasi 2 Juta Jiwa, Kepala Otorita: Biar Warganya Bahagia