Guru SMP di Bojonegoro Siram Puluhan HP Siswa dengan Air

Kejadian kontroversial terjadi di SMPN 1 Kedungadem, Bojonegoro, saat seorang guru matematika menyiram puluhan HP siswa dengan air.

Guru SMP di Bojonegoro Siram Puluhan HP Siswa dengan Air
Guru SMP di Bojonegoro Siram Puluhan HP Siswa dengan Air. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Sebuah kejadian SMP Negeri 1 Kedungadem, Bojonegoro, pada Rabu, (8/11), menjadi viral. Seorang guru matematika berinisial SYT menyiram puluhan handphone (HP) milik siswanya dengan air.

Peristiwa itu terjadi menjelang jam pulang sekolah ketika jam pelajaran hampir berakhir. Para siswa, sesuai kebijakan sekolah, menyimpan HP mereka dalam sebuah kotak di ruang guru. SYT meminta salah satu siswa kelas 8 untuk mengambil kotak tersebut, tetapi ada guru lain yang menghalangi karena tidak percaya siswa tersebut diperintah oleh SYT.

Entah apa yang memicu kemarahan SYT, namun guru tersebut merasa jengkel karena siswanya kesulitan mengambil HP. Dengan tindakan spontan, SYT mengambil sendiri kotak berisi 30 HP siswa dan menyiramnya dengan air.

Baca Juga: Siswa Aniaya Guru Usai Ditegor karena Merokok

Akibat insiden tersebut, sejumlah HP rusak, bahkan ada yang mati total. Siswa yang menjadi korban menyampaikan keluhan kepada orang tua mereka, yang kemudian memprotes kejadian ini ke pihak sekolah. Beberapa orang tua mengeluhkan kerugian finansial akibat kerusakan HP, terutama bagi yang memiliki perangkat mahal seperti iPhone.

Pihak sekolah merespons dengan mengundang wali murid ke sekolah pada Kamis (9/11) untuk mencari solusi dan menyelesaikan masalah ini. Kepala SMPN 1 Kedungadem, Bojonegoro, Sulianto, menyatakan bahwa guru SYT setuju untuk menanggung semua biaya servis kerusakan HP.

Meskipun ada upaya mediasi dan kesepakatan biaya servis, beberapa orang tua siswa tetap memprotes dan menginginkan penggantian HP baru, terutama bagi perangkat yang mati total.

Baca Juga: Guru di Bogor Diminta Bayar Rp 250 Ribu Saat Ajukan Cuti Melahirkan