Youtube Shop Bakal Hadir di Korea!

YouTube akan meluncurkan fitur baru di Korea Selatan berupa saluran belanja resmi yang memungkinkan perdagangan langsung. Temukan informasi lebih lanjut dalam artikel ini.

Youtube Shop Bakal Hadir di Korea!
Youtube Shop Bakal Hadir di Korea. Gambar : Unsplash.com/Dok. Szabo Viktor

BaperaNews - Platform berbagi video YouTube akan luncurkan fitur baru kanal belanja YouTube di Korea berupa saluran belanja resmi untuk perdagangan langsung di Korea Selatan mulai 30 Juni 2023 mendatang.

Korsel sebelumnya memiliki bisnis perdagangan dengan cara live streaming yang terus berkembang dan dipimpin oleh Naver. Layanan kanal belanja YouTube di Korea akan mulai beroperasi di Korsel terlebih dahulu dan diuji coba selama 90 hari.

Layanan kanal belanja YouTube di Korea ini awalnya menyediakan live commerce untuk perusahaan yang ingin siarkan langsung dan promosi produk mereka. Ada sekitar 30 brand yang mengikuti secara langsung. Fitur ini akan menjadi saluran belanja resmi pertama YouTube di Korsel dan seluruh negara.

“Kami akan bereksperimen dengan berbagai fitur di YouTube Shop dari waktu ke waktu” bunyi pernyataan resmi YouTube.

Chief Business Officer Google Philipp Schindler juga menyebut ada banyak potensi untuk seseorang belanja baik itu dari kreator konten, laman resmi sebuah brand, dan dari media online yang mereka sukai. Shaam Naver sebelumnya dilaporkan menurun 4%, Lotte Shopping juga dilaporkan turun sahamnya sebanyak 3,3%.

Baca Juga : Simple dan Bebas Iklan, Begini Cara Buat Akun YouTube Premium

Pasar perdagangan langsung di Korsel diperkirakan tumbuh hingga 10 Triliun Won di tahun 2023 ini dimana sebelumnya pada tahun 2021 ada transaksi pasar sebesar 2,8 Triliun Won dengan Naver sebagai penguasanya, menguasai sekitar 60% dari seluruh pangsa pasar.

Produk Korsel saat ini tidak hanya diminati di Korsel saja, banyak brand Korsel yang perluas ekspansinya ke negara lain termasuk Indonesia. Banyaknya penggemar Kpop membuat Korsel turut naik peminat budaya dan produknya.

Sebab itu pihak YouTube menjadikan kesempatan ini untuk bekerjasama. Pihak pasar Korsel bisa terus tingkatkan pangsa pasarnya, YouTube juga mendapat keuntungan karena makin banyak yang memakai layanannya.

Selama ini, media sosial lain seperti TikTok juga punya fitur serupa yang bernama TikTok Shop. Di TikTok Shop pengguna bisa tunjukkan produknya secara live kepada calon pembeli untuk promosi.

Pembeli pun bisa langsung bertransaksi di aplikasi tersebut dengan mudah. Fitur seperti itulah yang akan muncul di YouTube Shop Korea. Namun fitur belanja resmi YouTube ini baru tersedia di Korsel, belum ada rencana untuk menyediakan fitur Youtube Shop serupa di negara lain termasuk di Indonesia.

Baca Juga : Shopee dan Tokopedia Naikan Biaya, Ini Rinciannya!