Viral! Zara PIM 2 Digeruduk Ibu-ibu Pendemo Imbas Iklan Dituding Sindir Palestina

Toko Zara di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan di geruduk oleh ibu-ibu setelah adanya iklan yang diduga menyindir Palestina.

Viral! Zara PIM 2 Digeruduk Ibu-ibu Pendemo Imbas Iklan Dituding Sindir Palestina
Viral! Zara PIM 2 Digeruduk Ibu-ibu Pendemo Imbas Iklan Dituding Sindir Palestina. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Instagram/@sarahmjj14

BaperaNews - Zara menjadi perhatian tajam setelah merilis kampanye iklan terbaru yang dianggap mengeksploitasi kondisi perang di Gaza.

Kritik keras muncul dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dimana sekelompok ibu-ibu hijabers melakukan aksi peduli Palestina di depan toko Zara di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan.

Kampanye iklan untuk Zara Atelier ini menampilkan foto Kristen McMenamy, seorang model asal Amerika, dengan latar belakang yang diduga menggambarkan korban pemboman dan penembakan di Jalur Gaza.

Foto tersebut menunjukkan sang model berdiri di ruangan yang dikelilingi puing-puing dan boneka-boneka yang ditutupi kain putih.

Reaksi keras terhadap iklan kontroversial ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara lainnya. Beberapa demonstran di PVJ Bandung, Jawa Barat, sebelumnya telah melakukan aksi protes di toko Zara, dan kini aksi serupa terulang di Pondok Indah Mall 2.

Sebuah video yang viral menunjukkan sejumlah ibu-ibu hijabers membawa replika jenazah bayi yang dibungkus kain putih mirip kain kafan.

Mereka juga membawa foto-foto yang menggambarkan penderitaan warga Palestina. Aksi protes ini mencuat dari postingan akun Instagram @sarahmjj14 bersama @nisamarfuah.

Baca Juga : Seruan Boikot ZARA Ramai, Diduga Campaign Pake Isu Genosida Palestina

"Melakukan aksi kecil seperti ini saja kami masih takut bahkan sampai ragu untuk melanjutkan aksi ini. Kami masih banyak berpikir dan takut untuk melakukan aksi kecil, bagaimana dengan anak-anak kecil di sana yang bahkan berani melawan dan menyuarakan kebenaran dengan lantang meskipun tank di depan wajah mereka. Ya, dari sini kami belajar keberanian dari anak-anak kecil tak berdosa yang berjiwa besar. Maafkan jiwa lemah kami yang masih acuh kepadamu wahai anak-anak g4z4. Kami akan bersama ???? dan kami tidak akan berhenti sampai P4Lestin3 Merdeka," tulis @sarahmjj14 dan @nisamarfuah.

Sarah Azzahrah, inisiator dari demo di depan Zara PIM 2, Jakarta Selatan, menyatakan tujuan aksi tersebut adalah untuk membuat masyarakat Indonesia sadar akan kondisi Palestina dan mendukungnya.

"Kami ingin masyarakat Indonesia sadar bahwa Palestina sedang sekarat dan butuh dukungan penuh dengan tidak mengkonsumsi produk yang mendukung zionis dan sekutunya," ungkap Sarah.

"Kenapa Zara? Karena Zara telah melakukan kampanye yang menyinggung kondisi genosida di Palestina yang sangat mengiris hati. Seluruh dunia marah dengan Zara, begitu pula kami rakyat Indonesia. Cuma di Indonesia tidak banyak yang melakukan aksi secara langsung, maka dari itu hati kami tergerak untuk melangkah. Harapan kami, aksi kecil kami ini dapat dijadikan contoh oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan perlawanan dengan melakukan aksi kecil tanpa merusak dan gaduh. Low effort high impact," kata Sarah.

@baperanews.com Zara menjadi perhatian tajam setelah merilis kampanye iklan terbaru yang dianggap mengeksploitasi kondisi perang di Gaza #gaza #zara #freepalestine #viral #baperanews ♬ كلام عينيه - شيرين

Baca Juga : Bela Palestina, Anggota DPRD Ini Lempar Botol Produk Air Mineral