Hanya Dalam 3 Hari, Film Avatar: The Way of Water Berhasil Raup Rp 2 Triliun

Film karya James Cameron yakni Avatar 2: The Way of Water berhasil meraup keuntungan sebesar 2,790 miliar dolar AS atau sekitar Rp 39 triliun hanya dalam 3 hari penayangan.

Hanya Dalam 3 Hari, Film Avatar: The Way of Water Berhasil Raup Rp 2 Triliun
Film Avatar: The Way of Water berhasil raup Rp 2 Triliun. Gambar : Instagram/@avatar

BaperaNews - Industri perfilman dunia tak hanya melahirkan film-film yang memiliki kualitas tinggi dengan status peringkat atau rating tertinggi. Namun, juga dengan status film dengan penghasilan terbesar dalam waktu singkat. Salah satunya adalah film Avatar 2: The Way of Water yang kembali meraup untung besar.

Sebelumnya, film Avatar yang rilis 2009 buatan James Cameron berhasil meraih untung sebesar 2,790 miliar dolar AS atau sekitar Rp 39 triliun. Sedangkan pada tahun 2022 ini, hanya dalam 3 hari film Avatar 2: The Way of Water berhasil mengumpulkan 2 triliun.

Hal tersebut bisa terbilang pantas mengingat proses pembuatan film Avatar 2 yang menelan biaya produksi tidak sedikit.

James Cameron selaku sutradara Avatar memang belum mengungkap angka pasti terkait biaya produksi film Avatar 2 ini, namun Ia mengungkapkan produksinya sangat mahal. Dikabarkan bahwa film ini diproduksi dengan anggaran mencapai US$ 400 juta atau sekitar Rp 6,2 triliun (Kurs 15.600).

Dengan modal produksi yang sangat fantastis, film Avatar 2 di hari pertama penayangan saja sudah melesat di box office dengan pendapatan 53 juta dolar AS atau setara dengan Rp 827 miliar dari 4.202 lokasi. Dalam 3 hari sekuel Avatar 2 ini meraup 130 - 150 juta dolar AS atau Rp 2 - 2,3 triliun.

Karena pencapaian tersebut film Avatar 2: The Way of Water menduduki peringkat keenam pendapatan kotor domestik hari pertama tertinggi tahun ini, lebih rendah dari yang diperoleh olehDoctor Strange in Multiverse of Madness yakni US$ 90,7 juta dan The Batman sebesar US$ 56,6 juta.

Baca Juga : Film Avatar 2: The Way of Water Terinspirasi Dari Suku Bajo Asal Indonesia

Kenapa Sih Biaya Produksi film Avatar 2 The Way of Water Bisa Mahal?

Biaya produksi film Avatar 2 ini ternyata menyuguhkan ragam teknologi yang canggih. Seperti diketahui, bahwa sang sutradara, James Cameron memang menyukai tantangan dan inovasi dalam setiap karya yang sedang ia buat.

Pengambilan gambar film Avatar 2: The Way of Water menggunakan kamera Sony Venice yang spesial. Sony menyebut sistem kamera itu Sony CineAlta Venice 3D.

Film Avatar 2 juga menggunakan dua kamera khusus untuk memaksimalkan film. Dua kamera itu untuk mata kiri dan kanan. Kemudian juga dipasang kamera di bagian atas yang dipantulkan demi mendapatkan gambar 45 derajat dengan kamera horizontal. Ternyata, kamera tersebut memiliki berat 17 kg. Beberapa adegan diambil sendiri oleh James Cameron dengan detail.

Dengan teknologi tinggi itu, film Avatar 2 bakal terasa lebih spesial untuk ditonton minimal menggunakan layar IMAX 3D. Inilah yang menjadi nilai jual dari film ini. Maka tidak heran jika hanya dalam 3 hari film Avatar 2: The Way of Water berhasil mengumpulkan 2 triliun.

Baca Juga : Film Bioskop Akhir Tahun 2022 : Ada Avatar Hingga KKN Desa Penari 2