Gerindra Bocorkan Ada Partai Warna Merah Putih yang Bakal Gabung Koalisi

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mengungkapkan bahwa ada partai baru yang akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjelang pemilu 2024.

Gerindra Bocorkan Ada Partai Warna Merah Putih yang Bakal Gabung Koalisi
Gerindra Bocorkan Ada Partai Warna Merah Putih yang Bakal Gabung Koalisi. Gambar : Liputan6.com/Johan Tallo

BaperaNews - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, baru-baru ini memberikan bocoran bahwa akan ada partai baru yang akan bergabung dengan koalisi yang ia pimpin, yaitu Koalisi Indonesia Maju (KIM), menjelang pilpres 2024.

Keterlibatan partai tersebut diyakini akan memperkuat dukungan terhadap Prabowo sebagai calon presiden di pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

Kabar ini pertama kali terungkap saat Prabowo Subianto memberikan tanggapan atas usulan dari Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang menginginkan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, untuk menemani Prabowo sebagai calon wakil presiden.

"Insyaallah sebentar lagi ada berapa partai lain yang menyusul, dan kita akan menerima siapapun yang mendukung," ungkap Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Sebagai penegasan, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, memberikan bocoran warna partai yang akan bergabung dengan menyatakan, "(Warnanya) merah putih".

Meskipun tidak memberikan jawaban eksplisit terkait identitas partai tersebut, ia menambahkan bahwa pihaknya menunggu tanggal deklarasi resmi partai tersebut bergabung ke KIM.

Baca Juga : Duet Prabowo-Airlangga Menguat, Usai Megawati Pastikan Tolak Ganjar Bersanding

Prabowo Subianto menanggapi keinginan dari Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang berharap agar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi calon wakil presiden pendampingnya.

"Saya mengerti, di daerah pun saya mendengar harapan-harapan seperti itu," ungkap Prabowo.

Selain Gerindra, Koalisi Indonesia Maju saat ini terdiri dari partai besar seperti Golkar, PAN, Demokrat, dan didukung juga oleh Gelora, PBB, dan Garuda. Dengan adanya indikasi bergabungnya partai dengan warna merah putih, ada spekulasi di kalangan publik mengenai siapa partai tersebut.

Terlebih, hubungan baik yang dimiliki Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan Partai Gerindra membuat banyak pihak berspekulasi apakah PSI-lah yang dimaksud.

Ketua DPP Partai Gerindra, Riza Patria, saat ditanya tentang kemungkinan bergabungnya PSI, memberikan tanggapan positif.

"Ya memang PSI dengan Gerindra punya hubungan yang baik. Insyaallah saya pribadi berharap Mas Kaesang, Ketua Umum PSI yang baru, bisa bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju," jelas Riza.

Dalam persiapan pemilu 2024, DPR, pemerintah, dan penyelenggara pemilu telah sepakat untuk menjadwalkan pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Sementara pemilihan gubernur, bupati, dan walikota akan digelar pada 27 November 2024. 

Menjelang pemilu, masyarakat diharapkan dapat memilah mana capres dan cawapres yang layak dipilih. Keterbukaan dan transparansi dalam setiap langkah koalisi serta partai yang ada di Indonesia sangat penting agar publik dapat membuat keputusan dengan tepat. 

@baperanews.com Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, baru-baru ini memberikan bocoran bahwa akan ada partai baru yang akan bergabung dengan koalisi yang ia pimpin, yaitu Koalisi Indonesia Maju (KIM), menjelang pilpres 2024. Keterlibatan partai tersebut diyakini akan memperkuat dukungan terhadap Prabowo sebagai calon presiden di pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024 #prabowo #partaigerindra #baperanews ♬ News Headlines BGM(1075079) - ArcTracks

Baca Juga : Heboh Isu Duet Capres Prabowo-Ganjar, Parpol Buka Suara