Viral Wanita Divonis Gagal Ginjal Stadium Akhir, Sebut Gejala Mirip GERD

Kisah seorang wanita di Bandung yang divonis menderita penyakit gagal ginjal stadium akhir setelah awalnya menganggap gejalanya sebagai masalah lambung viral di media sosial.

Viral Wanita Divonis Gagal Ginjal Stadium Akhir, Sebut Gejala Mirip GERD
Viral Wanita Divonis Gagal Ginjal Stadium Akhir, Sebut Gejala Mirip GERD. Gambar: Tiktok/@fallscent

BaperaNews - Viral kisah wanita di Bandung bernama Della Hiariej (25) divonis menderita penyakit gagal ginjal stadium akhir dan harus jalani cuci darah sepanjang sisa hidupnya. Della sebelumnya mengira gejala sakit ginjal yang dialami hanya karena kelelahan dan sakit lambung atau GERD biasa.

Della bercerita ia sering mengalami gejala sakit ginjal yang ia rasa gejala GERD seperti mual, muntah, dan perut terasa perih hingga tak bisa makan. Ia juga memar di sejumlah bagian tubuhnya yang ia kira karena kelelahan saja akibat aktivitas hariannya yang padat.

“Karena aktifitas aku tinggi apalagi cewek kan katanya rentan memar kalau kecapekan makanya aku ga overthinking bakal kena penyakit gagal ginjal stadium akhir” cerita Della hari Senin (25/9).

Della juga sering mimisan, ia merasa aneh karena tak pernah mimisan sejak kecil. Ia benar-benar tidak tahu kondisi yang ia alami ialah gejala gagal ginjal.

“Dari kecil aku bukan tipe anak gampang sakit, nggak pernah masuk rumah sakit sekalipun. Pas mimisan pikirku karena kecapean dan butuh istirahat. November 2020 kondisiku makin parah sakit perut sampai ga bisa makan. Rasanya sakit banget di dalam. Aku putusin ke dokter. Waktu itu gejalanya udah terjadi 4 bulanan kali ya, aku terlalu ngegampangin” imbuhnya. 

Baca Juga : Kanker Ginjalnya Menyebar, Vidi Aldiano Harus Jalani 'Spa Day'

Akhirnya ketika berobat ke dokter, Della divonis menderita penyakit gagal ginjal stadium akhir.

“Kalau aku ga cuci darah, tubuh aku bengkak semua. Muka aku bengkak parah. Aku kaget. Sekarang aku harus cuci darah seminggu dua kali seumur hidupku. November 2020 itu dokter bilang ini sakitku udah lama kayak orang udah sakit ginjal 5 tahun. Sudah parah stage final stadium 5” lanjutnya.

Sebelum divonis ginjal, Della terbiasa memiliki tekanan darah tinggi karena ada riwayat dari keluarga. Della sempat heran pada tahun 2019 ia USG perut dan saat ini dari hasil pemeriksaan ginjal dinyatakan normal namun setahun setelahnya pada November 2020 tiba-tiba ia langsung mendapat vonis sakit ginjal parah. Della ingin transplantasi ginjal agar bisa sembuh yang rencananya ia lakukan dalam waktu dekat.

“Aku sudah cuci darah 3 tahun ini. Aku mau transplantasi ginjal. Sekarang sudah screening dan pendonor ginjal aku dari keluarga tante. Kalau aku happy ga berasa sakit. Aku mikir umur ga ada yang tahu ga boleh pesimis lah. Aku jalanin aja. Aku cuma pengen anak muda lain lebih hati-hati dan aware pada semua gejala penyakit” pungkas Della.

@baperanews.com Viral kisah wanita di Bandung bernama Della Hiariej (25) divonis menderita penyakit gagal ginjal stadium akhir dan harus jalani cuci darah sepanjang sisa hidupnya #gagalginjal #stadiumakhir #viral #baperanews ♬ Sad and lonely - MoppySound

Baca Juga : Eksperimen Berhasil, Ginjal Babi Berfungsi di Tubuh Manusia