Syarat Haji 2024: Periksa Daya Ingat Lansia

Pemerintah Arab Saudi menetapkan syarat baru untuk haji 2024. Baca selengkapnya di sini!

Syarat Haji 2024: Periksa Daya Ingat Lansia
Syarat Haji 2024: Periksa Daya Ingat Lansia. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Pemeriksaan daya ingat lansia menjadi salah satu syarat haji 2024. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil ketika bertandang ke Kantor Kementerian Kesehatan Jakarta pada Kamis (5/10). Di sana, Menteri Yaqut bertemu dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk membahas skema penentuan istitha'ah baru haji 1445 H.

Pemerintah Arab Saudi menyampaikan jumlah kuota haji 2024 untuk jemaah Indonesia adalah 221.000 orang. Saat ini, Indonesia memiliki 500 ribu calon jemaah haji lansia atau usia lanjut. Istiha’ah ialah istilah yang merujuk pada kemampuan seseorang untuk melaksanakan ibadah haji.

“Selain cuaca yang diperkirakan masih ekstrim hingga 5 tahun ke depan, kita juga berhadapan dengan masalah berkurangnya petugas haji untuk penyelenggaraan 2024. Soal ini saya sudah lapor pada Presiden Jokowi. Nanti akan disiapkan regulasinya,” kata Yaqut.

Yaqut hadir bersama Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Stafsus Kemenag Ishfah Abidal, dan Direktur Pengelolaan Dana Haji Jaja Jaelani. Menkes Budi menyampaikan sudah siapkan konsep baru untuk syarat haji 2024 dari sisi pemeriksaan kesehatan calon jemaah.

Baca Juga: Menko PMK: Tak Boleh Pergi Haji Lebih dari Satu Kali

“Pemeriksaan kesehatan untuk syarat haji 2024 yang kami siapkan adalah MCU, kesehatan mental, kognitif, dan penilaian kemandirian aktivitas sehari-hari untuk identifikasi daya ingat atau konsentrasi dan kemampuan berpikir. Ini akan kami terapkan pada haji 1445 H nanti,” sambung Budi.

Selama tahun 2018-2023, ada 5 penyakit yang paling banyak dialami jemaah haji terutama lansia yakni paru-paru kronis, pneumonia, infark, miokard akut, dan jantung koroner. Sebab itu, perlu pemeriksaan kesehatan lebih detail untuk lansia pada syarat haji 2023 mendatang atau haji 1445 H untuk memastikan calon jemaah haji siap dan mampu menjalani ibadah haji.

Diketahui ibadah haji butuh kondisi kesehatan fit mengingat cuaca ekstrim terjadi di berbagai negara termasuk Arab Saudi. Cuaca panas dan kering sering terjadi. Jika tubuh tidak fit bisa berpengaruh pada kenyamanan selama beribadah.

Selain kesehatan fisik, daya ingat dan kemandirian juga diperlukan agar tidak sepenuhnya bergantung pada petugas atau membebani jemaah haji lainnya. Syarat haji 2023/ haji 1445 H sedang dibahas dan akan disampaikan usai penyusunan disempurnakan.

Baca Juga: Jemaah Haji Meninggal Dunia di Deli Serdang, Sempat Lemas di Pesawat