Rizal Ramli Meninggal Dunia, Jenazah Dimakamkan di TPU Jeruk Purut

Meninggalnya Rizal Ramli, mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, meninggalkan duka yang mendalam. Simak selengkapnya di sini!

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Jenazah Dimakamkan di TPU Jeruk Purut
Rizal Ramli Meninggal Dunia, Jenazah Dimakamkan di TPU Jeruk Purut. Gambar : Kompas.com/Syakirun Ni'am

BaperaNews - Tokoh publik dan mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Rizal Ramli, menghembuskan napas terakhir pada Selasa malam, (2/1), pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Meninggal di usia 69 tahun, Rizal Ramli meninggal menjadi sorotan berbagai pihak. Menurut staf Rizal, Tri Wibowo Santoso, penyebab meninggalnya beliau dikonfirmasi akibat kanker pankreas stadium akhir. Rencana pemakaman beliau akan dilakukan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Rizal Ramli, lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Desember 1954, dikenal sebagai mantan aktivis mahasiswa yang kemudian berkembang menjadi seorang pakar ekonomi terkemuka.

Perjalanan hidupnya yang penuh perjuangan sebagai anak yatim-piatu, melakukan studinya di Institut Teknologi Bandung (ITB) sendiri, dan keterlibatannya dalam gerakan anti-Soeharto pada 1978, yang berujung pada penahanannya selama 18 bulan.

Pendidikan lanjutannya di Boston University, Amerika Serikat, menambah kapasitasnya sebagai pakar ekonomi. Setelah kembali ke Indonesia, Rizal mendirikan Econit, lembaga pengkajian ekonomi yang menjadi platform baginya untuk mengkritisi kebijakan pemerintah.

Nama Rizal Ramli semakin dikenal luas setelah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Menko Ekonomi, Keuangan, dan Industri pada tahun 2000-2001.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Resmi Dipecat Jokowi

Di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, Rizal Ramli kembali dipercaya menjabat sebagai Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia dari tahun 2015 hingga 2016.

Selama masa jabatannya, Rizal dikenal sebagai sosok yang kritis, bahkan kerap memberikan pernyataan yang menarik perhatian publik seperti "rajawali ngepret" yang menunjukkan keberanian dan ketegasannya.

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Rizal diketahui dirawat selama dua bulan terakhir dan memilih untuk tidak menyebarluaskan kondisinya ke publik.

Adhie Massardi, mantan juru bicara KH Abdurrahman Wahid, mengungkapkan bahwa jenazah Rizal Ramli rencananya akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, namun waktu pemakaman masih menunggu keputusan keluarga.

Sosok Rizal Ramli dikenang sebagai pejuang, akademisi, dan pembela kebijakan yang adil bagi masyarakat. Kepulangannya menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak, terutama bagi mereka yang mengenalnya sebagai sosok yang berdedikasi dalam bidang ekonomi dan politik di Indonesia. 

Keluarga, rekan, dan penggemar beliau mengucapkan rasa duka cita yang mendalam.

"Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," ucap keluarga Rizal Ramli.

Baca Juga: Kabar Duka! Lukas Enembe Meninggal Dunia