10 Daftar Instansi Pemerintah yang Tak Syaratkan TOEFL

Tes TOEFL adalah salah satu tahapan dalam seleksi CPNS 2023. Namun, beberapa instansi pemerintah tidak mengharuskannya.

10 Daftar Instansi Pemerintah yang Tak Syaratkan TOEFL

BaperaNews - Pendaftaran CPNS 2023 maupun PPPK digelar pada 17 September-6 Oktober 2023. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengungkap akan merekrut 572.496 ASN yang terbagi menjadi 78.862 formasi untuk 72 instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi untuk pemerintah daerah.

Tes TOEFL yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa Inggris biasanya menjadi salah satu materi dalam seleksi CPNS. Tes TOEFL sangatlah penting mengingat di masa modern ini banyak hal dapat dilakukan oleh pekerja yang mampu berbahasa Inggris.

Terlebih, jika pekerjaan berhubungan dengan transaksi atau relasi internasional. Tes TOEFL juga seringkali menjadi nilai tambah bagi peserta.

Kabar baiknya, tidak semua instansi pemerintah mengisyaratkan TOEFL sebagai salah satu dasar tesnya. Jika Anda hendak mengikuti seleksi CPNS tetapi merasa tidak bisa memenuhi syarat TOEFL, tak perlu khawatir. Berikut daftar instansi pemerintah tak syaratkan TOEFL sehingga peserta tak perlu lampirkan hasil TOEFL pada dokumennya.

Baca Juga : Pendaftaran IISMA 2023 Dibuka Bulan Februari, Simak Minimal Skor TOEFL Hingga IELTS

Daftar Instansi Pemerintah Tak Syaratkan TOEFL

  • Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)
  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  • Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  • Kementerian Perdagangan
  • Kementerian Kelautan dan Perikanan
  • Kementerian Pertanian
  • Kementerian Perhubungan
  • Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban
  • Lembaga Ketahanan Nasional

Daftar instansi pemerintah yang tak syaratkan TOEFL terdapat pada keterangan syarat dokumen yang mereka unggah pada seleksi CPNS tahun 2022 lalu. Jika syarat pendaftaran CPNS 2023 yang nantinya mereka unggah sama, maka tidak ada syarat TOEFL untuk dokumennya.

Sejumlah instansi belum mengunggah syarat dokumen maupun syarat teknisnya di laman resmi mereka. Biasanya informasi lengkap akan diunggah ketika mendekati masa pendaftaran CPNS 2023 pada 17 September 2023 mendatang.

MenPAN-RB, Abdullah Azwar menghimbau agar masyarakat tidak terpengaruh pada oknum yang menjanjikan kelulusan tes CPNS atau PPPK sebab bisa dipastikan hal ini adalah bentuk penipuan. Lebih baik persiapkan diri sebaiknya.

“Harap hati-hati pada oknum yang menjanjikan kelulusan atau meminta imbalan karena sudah bisa dipastikan itu penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin saja untuk bisa ikuti semua rangkaian tesnya serta pahami formasi jabatan yang dilamar apa dibuka untuk CPNS atau PPPK,” kata MenPAN-RB Azwar hari Sabtu (2/9).

Itulah daftar instansi pemerintah tak syaratkan TOEFL, semoga semakin menambah semangat Anda untuk mengikuti seleksi CPNS di tahun ini ya!

Baca Juga : Dibuka 17 September, Begini Cara Cek Formasi dan Jumlah Lowongan CPNS 2023