Proyek Hotel di IKN Direncanakan Bakal Rampung Agustus 2024

Presiden Jokowi menargetkan pembangunan proyek hotel di IKN Nusantara akan rampung pada Agustus 2024.

Proyek Hotel di IKN Direncanakan Bakal Rampung Agustus 2024
Proyek Hotel di IKN Direncanakan Bakal Rampung Agustus 2024. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peninjauan progres pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam kunjungannya, Presiden menyampaikan bahwa progres pembangunan hotel tersebut telah mencapai 34 persen, dan dia optimistis proyek ini dapat selesai serta digunakan pada Agustus 2024.

“Kalau melihat seperti ini akan selesai kira-kira sebelum Agustus (2024),” ungkap Jokowi usai peninjauan pada Rabu (20/12/2023).

Presiden juga menyatakan bahwa progres pembangunan infrastruktur lainnya di IKN memiliki perkembangan yang sejalan dengan pembangunan Hotel Nusantara. “Ini saya kira yang lain-lain mestinya progresnya akan kurang lebih mirip-mirip seperti Hotel Nusantara ini,” jelasnya.

Menurut Presiden, pembangunan berbagai proyek di IKN Nusantara saat ini mencerminkan peningkatan minat investor untuk berinvestasi di kawasan tersebut. Oleh karena itu, Presiden menegaskan pentingnya memantau progres pembangunan setiap infrastruktur yang telah melakukan groundbreaking setiap bulan.

“Ini yang saya bilang setelah yang satu masuk, yang lain pasti berbondong-bondong, yang lain berbondong-bondong yang dibelakangnya akan berbondong-bondong lagi, dengan ini yang berbeda-beda ada hotel, ada mall, ada sport center, ada rumah sakit, tapi memang progres setiap bulan harus dicek, dilihat,” ujar Jokowi.

Melihat adanya partisipasi investor asli Kalimantan Timur dalam pembangunan IKN, Jokowi menyambut positif kontribusi tersebut. “Bukan hanya dari Jawa, bukan hanya dari Jakarta, ada yang dari investor dari Balikpapan juga ikut memulai, ini sangat bagus,” katanya.

Mengenai investor asing, Presiden menyatakan bahwa selama minat investor dalam negeri tinggi, pemerintah akan memberikan prioritas kepada investor dalam negeri.

“Tapi juga sebetulnya yang investor dalam negeri pun sebetulnya sudah partner-an dengan yang asing, satu dua saya tahu sudah partner-an sama asing, saya kira sama saja,” tegas Jokowi.

Baca Juga : IKN Jadi 10 Minutes City, Motor Dilarang Masuk Kawasan Inti Pemerintahan

Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya di IKN turut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj.

Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, serta Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

Diketahui, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan sekitar pukul 09.55 WITA.

Jokowi disambut langsung oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Nanang Avianto, Pangkoopsud II Marsda TNI Budi Achmadi, dan Danlantamal XIII/Tarakan Laksma TNI Deni Herman.

Setelah tiba di Balikpapan, Presiden melanjutkan perjalanan menuju IKN untuk melaksanakan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ibu Kota Nusantara dan meninjau progres pembangunan Nusantara Superblock.

Presiden Jokowi juga diagendakan melakukan penanaman pohon di sejumlah lokasi di IKN, termasuk area Sumbu Kebangsaan dan lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Mayjen TNI Rudy Saladin, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

Kunjungan Presiden Jokowi dan peninjauan progres pembangunan hotel di IKN menunjukkan komitmen pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut.

Dengan optimisme bahwa proyek Hotel Nusantara akan selesai pada Agustus 2024, diharapkan pembangunan di IKN dapat memberikan dampak positif, baik secara ekonomi maupun bagi masyarakat setempat.

Baca Juga : Asik! Pekerja di IKN Nusantara Akan Digaji Full 100%, Tak Ada Pajak