Pencairan Dana ke Seller Tertunda, Pihak Tiktok Shop Dibanjiri Keluhan

Lamanya pencairan dana Tiktok Shop, Pihak Tiktok Shop alami keluhan dari para pedagang. Simak berita lengkapnya!

Pencairan Dana ke Seller Tertunda, Pihak Tiktok Shop Dibanjiri Keluhan
Pencairan Dana ke Seller Tertunda, Pihak Tiktok Shop Dibanjiri Keluhan. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Sejumlah pedagang yang berjualan melalui platform TikTok Shop mengeluhkan lamanya proses pencairan dana dari penjualan mereka. Keluhan ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan para pedagang online yang bergantung pada pendapatan dari bisnis mereka di TikTok Shop.

TikTok Shop merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna TikTok untuk menjual produk langsung di aplikasi, telah menjadi salah satu platform populer bagi pedagang online. Namun, beberapa pedagang melaporkan bahwa mereka menghadapi masalah dalam menerima pendapatan mereka tepat waktu.

Beberapa pedagang mengungkapkan bahwa proses pencairan dana seller TikTok Shop memakan waktu yang lama. Mereka mengeluhkan bahwa ada keterlambatan dalam proses verifikasi dan pemrosesan yang mengakibatkan pendapatan mereka terjebak di dalam sistem tanpa dapat dicairkan.

Direktur Celios, Bhima Yudhistira mengatakan bahwa saaat ini paltform seperti Tiktok belum dipastikan secara resmi diatur oleh pemerintah.

“Karena pengaturan social commerce belum jelas, mengakibatkan standar pencairan dana ke seller tertunda, hal ini merugikan seller yang sedang membutuhkan hasil penjualanya dicairkan secara cepat,”ujarnya.

Saat ini pemerintah mengatur perdagangan secara daring melalui PP Nomor 80 Tahun 2019. Berisi tentang perdagangan melalui Sistem Elektronik dan Permendag Nomor 50 Tahun 2020, tentang ketentuan perizinan usaha. 

Baca Juga : Masih Bingung Cara Ketahui Konten Trending di TikTok? Ini 2 Caranya!

Beberapa pedagang juga mengatakan bahwa mereka menghadapi kesulitan dalam menghubungi tim dukungan pelanggan TikTok untuk mendapatkan bantuan dan penjelasan mengenai keterlambatan ini. Keluhan-keluhan ini telah menyebar di media sosial, dan beberapa pedagang bahkan mendirikan kelompok diskusi online untuk saling berbagi pengalaman dan mencari solusi.

TikTok sebagai perusahaan induk TikTok Shop menyadari permasalahan ini dan mengakui adanya keterlambatan pencairan dana seller Tiktok Shop. Mereka menyampaikan permintaan maaf kepada para pedagang yang terkena dampak dan menegaskan bahwa mereka sedang bekerja keras untuk meningkatkan sistem pencairan dana dan waktu respon tim dukungan pelanggan.

Perusahaan juga berjanji untuk mempercepat proses verifikasi agar pedagang dapat mengakses pendapatan mereka dengan lebih cepat. Mereka mengatakan bahwa mereka telah mengalokasikan sumber daya yang lebih besar untuk menangani lonjakan jumlah pedagang dan transaksi di TikTok Shop.

Para pedagang Tiktok Shop yang terkena dampak berharap bahwa TikTok dan TikTok Shop dapat segera menyelesaikan masalah ini. Mereka menginginkan peningkatan dalam komunikasi dan transparansi mengenai status pencairan dana, serta solusi yang lebih efektif untuk memastikan pendapatan mereka bisa dicairkan tepat waktu.

Sementara itu, pemerintah juga diminta untuk ikut terlibat dalam memperhatikan kebutuhan pedagang online dan memastikan bahwa platform e-commerce seperti TikTok Shop mematuhi peraturan dan standar yang berlaku dalam hal pencairan dana.

Kedepannya, diharapkan bahwa TikTok Shop dapat meningkatkan layanan dan mempercepat proses pencairan dana agar para pedagang dapat menjalankan bisnis mereka dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti.

Baca Juga : Inilah Syarat dan Cara Daftar Resto di Shopee Food!