Jokowi Bakal Shalat Idul Adha di Yogyakarta

Presiden Republik Indonesia Jokowi akan merayakan hari raya Idul Adha serta shalat di Yogyakarta pada Idul Adha 1444 H.

Jokowi Bakal Shalat Idul Adha di Yogyakarta
Jokowi Bakal Shalat Idul Adha di Yogyakarta. Gambar : Radarbogor.id

BaperaNewsPresiden RI Jokowi akan merayakan Idul Adha dan shalat Idul Adha di Yogyakarta pada hari raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada hari Kamis 29 Juni 2023.

“Di Jogja” kata Jokowi singkat ketika ditanya awak media hendak merayakan Idul Adha dan shalat Idul Adha di kota mana. Kedatangan Presiden saat shalat Idul Adha di Jogja pasti akan mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat seperti biasanya.

Pada hari Idul Adha tahun ini, Jokowi juga menyumbangkan 38 ekor sapi yang didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. Tahun 2022 lalu Jokowi menyumbang 34 sapi, di tahun ini ditambah 4 karena ada provinsi baru Indonesia yang terbentuk yakni Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat, dan Papua Selatan. Sapi-sapi tersebut didistribusikan ke Pemprov.

Baca Juga : Jadwal Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023

Untuk proses distribusinya, Sekretariat Presiden akan bekerjasama dengan lintas kementrian seperti Kementrian Agama, Kementrian Pertanian, Dirjen Dinas Agama, dan lainnya untuk bisa berikan sapi yang sesuai syarat kurban yakni sapi yang bebas dari penyakit mulut dan kuku dan beratnya 900 kg-1,2 ton.

Jenis sapi yang disumbangkan Jokowi ialah Simental limosin angus, peranakan ongole sapi Bali, dan brahma. Sebelumnya Kementrian Agama menetapkan Idul Adha 1444 H jatuh pada hari Kamis (29/6) setelah dilakukan sidang Isbat pada hari Minggu (18/6) di Jakarta.

Keputusan diambil setelah melihat posisi hilal dan rukyatul hilal di 99 titik 34 provinsi pemantauan hilal dan tidak ada satupun yang melaporkan telah melihat hilal.

Penetapan hari Idul Adha ini berbeda dengan tanggal yang ditetapkan Muhammadiyah yakni pada hari Rabu (28/6). Maka sebagian umat muslim Indonesia akan jalankan shalat Id di hari ini Rabu dan ada pula yang menjalankan shalat Id di hari Kamis (29/6) sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

Pemerintah juga telah menetapkan cuti bersama untuk Idul Adha 2023 yakni di tanggal 28 dan 30 Juni 2023 sehingga bagi pekerja dengan 5 hari jam kerja bisa memiliki waktu libur panjang atau super long weekend. Sedangkan pekerja yang memiliki 6 hari kerja tetap berangkat bekerja di hari Sabtu (1/7).

Cuti lebih lama ini diberikan untuk memberi kesempatan para orang tua agar bisa membersamai anaknya di hari Idul Adha dimana anak-anak sekolah sebagian besar juga sudah menjalani libur semester akhir atau kenaikan kelas.

Baca Juga : Kemenag Izinkan ASN yang Tunda Pulang Mudik Untuk Ajukan Cuti Tahunan