Gegara Tak Mirip, Patung Soekarno Banyuasin Ditutup Terpal

Kontroversi patung Bung Karno Banyuasin yang dihujat karena wajahnya tidak sesuai dengan aslinya. Pemerintah mengungkap bahwa patung tersebut masih dalam proses perbaikan

Gegara Tak Mirip, Patung Soekarno Banyuasin Ditutup Terpal
Patung Soekarno Banyuasin Ditutup Terpal. Gambar: Jppn.com/Cuci Hati

BaperaNews - Viral wajah patung Soekarno di Banyuasin dihujat masyarakat dan warganet karena dinilai tidak mirip dengan sosok asli Presiden Indonesia pertama tersebut. Banyak yang membandingkan wajah patung Soekarno di Banyuasin dengan sederet foto yang bisa dilihat di media maupun buku-buku sejarah. Wajah patung Soekarno di Banyuasin dinilai nampak lebih chubby dan gempal, sama sekali tidak mirip dengan aslinya.

Usai ramai hujatan, wajah patung Bung Karno Banyuasin kini ditutup terpal warna biru. Pihak pemerintah sendiri sempat mengungkap patung tersebut masih dalam proses dan belum jadi sebab itu belum bisa dipastikan mirip atau tidak wajahnya serta semua proses dilakukan oleh kontraktor. Jikalaupun nanti dirasa tidak mirip maka patung akan diminta dibongkar dan diperbaiki.

Patung Bung Karno Banyuasin  berada tepatnya di dekat GOR Jalan Lingkar Pemkab Banyuasin. Sejak hari Jumat (22/9) bagian wajah patung ditutup terpal dan dirombak kembali. Salah satu warga setempat bernama Ahmad menduga tukang yang mengerjakan mungkin belum mahir atau baru belajar.

“Kalau menurut warga sini sih liatnya patung Bung Karno yang kemarin kayak dibuat asal-asalan aja karena ga ada mirip-miripnya sama Pak Soekarno. Mungkin masih amatir tukangnya tapi setelah viral langsung diperbaiki” kata Ahmad.

Baca Juga: Patung Ir. Soekarno Akan Dibangun di Ibu Kota Rusia

Sedangkan DPRD Komisi II F-PDIP Sukardi menyebut pihaknya sempat meminta agar wajah patung yang dinilai tak mirip itu diperbaiki namun ia paham memang tidak bisa jika harus dibongkar total.

“Saya belum melihat langsung tapi kalau patungnya gemuk dan wajah tidak sesuai bisa dikurusin , dikurangi aja semennya. Kalau dibongkar habis ga mungkin. Patung yang ada itu memang tidak seperti fisik asli Pak Soekarno seperti yang biasa dilihat di foto takutnya keluarga Pak Soekarno marah jadi diperbaiki lah” jelas Sukardi.

Memang pada gambar yang beredar, patung Soekarno di Banyuasin nampak gemuk pipinya yang kemudian dihujat warganet mengingat dari foto-foto Soekarno yang beredar beliau memiliki wajah tirus dan berkarakter tegas, bukan wajah ataupun tubuh yang chubby. Sebelum ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi di Indonesia, Siti telah dipanggil sebagai saksi pada 31 Agustus 2023

Proses pembangunan masih dilakukan, kita tunggu saja hasilnya. Semoga kontraktor bisa merevisinya dengan baik dan hasil tampilan wajah maupun tubuh patung Pak Soekarno di Banyuasin bisa lebih mirip aslinya ya agar memuaskan masyarakat ya!

Baca Juga: Patung Soekarno Seharga Rp 10 Triliun Akan Dibangun 2024