Finalis Miss Indonesia Dilecehkan Saat "Body Checking"

Kontroversi muncul di ajang Miss Universe Indonesia saat beberapa finalis melaporkan pemaksaan pemotretan telanjang oleh panitia.

Finalis Miss Indonesia Dilecehkan Saat "Body Checking"
Finalis Miss Indonesia Dilecehkan Saat

BaperaNews - Heboh kasus pemaksaan foto telanjang kepada finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang melibatkan sederet figur publik seperti CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang hingga fotografer Rio Motret.

Kasus ini jadi sorotan karena membuat para finalis trauma usai diduga mengalami pelecehan seksual, diminta foto telanjang dengan dalih pengecekan badan.

Finalis Miss Universe Indonesia Dipaksa Telanjang dengan Dalih Body Checking

Panitia Miss Universe Indonesia memaksa para finalis ajang kecantikan tersebut untuk difoto dan direkam dalam kondisi tanpa busana atau telanjang dengan dalih body checking. Padahal di dalam ruangan terdapat kru laki-laki 2 orang dan 1 orang perempuan.

Mellisa Anggraini, kuasa hukum korban menyebut pemaksaan pemotretan telanjang dilakukan pada 1 Agustus 2023 dimana hal itu tidak ada dalam rundown acara, para finalis merasa ketakutan dan merasa aneh.

“Body checking tidak ada di rundown, mereka ditodong dan dipaksa, membuat mereka terpukul” kata Mellisa.

Para finalis dipaksa menunjukkan dada mereka dengan dalih pengecekan badan padahal ada kru pria dan ada banyak orang. Tindakan dilakukan di sebuah ballroom hotel.

“Mereka dipaksa buka pakaian dalam, buka bra, mereka sampai tutup-tutupin karena ada kru laki-laki juga tapi dipaksa buka buat telanjang dada” sambung Province Director Miss Universe Indonesia Jabar Rizki Ananda. 

Baca Juga : Finalis Pertama Miss Universe Bhutan Menuai Kontroversi, Usai Mengaku Dirinya Lesbi

Finalis yang Menolak Telanjang Dibentak

Seorang korban salah satu finalis Miss Universe Indonesia telanjang berinisial J menceritakan, finalis yang tidak mau buka baju dalam dan tidak mau telanjang dada dibentak. Salah seorang finalis yang menutupi payudaranya dibentak. Dimarahi dengan alasan tidak percaya diri dengan tubuhnya hingga ia kembali terpaksa melepas baju dalamnya.

“Saya tutup tubuh saya pakai baju dalam tapi dibentak, dimarahin. Kamu gimana ini kalau dikirim ke luar negeri, kalau di luar negeri kamu itu telanjang di hadapan banyak orang” cerita J menirukan ucapan panitia.

Pihak Miss Universe Indonesia Diduga Memaksa Korban Bungkam

Miss Universe Indonesia diduga memaksa para finalis untuk bungkam terkait kasus finalis Miss Universe Indonesia telanjang ini. Hal ini disampaikan oleh Rio Motret.

“Kenapa kalian sibuk nelfon finalis satu-satu dan bilang mereka ga boleh buka mulut? mereka ini wanita loh, harus dihormati dan dihargai, bukan diintimidasi” geram Rio.

CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang Hingga Fotografer Rio Motret Mundur

Sebelum kasus finalis Miss Universe Indonesia telanjang, ternyata Rio Motret sebagai salah satu fotografer yang terlibat mundur dari jabatannya. Juga CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang. Keduanya belum memberi keterangan apakah mundurnya mereka berhubungan dengan kasus ini.

Kasus Diusut Polisi

Merasa dirugikan, para finalis Miss Universe Indonesia telanjang yang jadi korban pun melaporkan kasus ini ke polisi dengan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Laporan telah dilengkapi dengan bukti foto dan video yang menunjukkan aksi pelecehan seksual tersebut.

“Ada dokumen surat, foto, video. Kami kaget melihat foto yang diambil mereka” pungkas Mellisa.

Siapa yang sebenarnya menjadi dalang meminta finalis Miss Universe Indonesia telanjang belum diketahui. Polisi akan lakukan pengusutan dan penyelidikan. Kasus ini menjadi perhatian banyak pihak termasuk oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Sandi meminta polisi mengusut dengan tuntas kasus ini.

Baca Juga : Anak Pinkan Mambo Laporkan Ayah Tiri Atas Dugaan Pelecehan Seksual