Opie Kumis Daftar Persamaan Nama, Persiapan Nyaleg?

Opie Kumis, yang dikenal dengan nama panggungnya selama ini, M Lutfi, mengajukan persamaan nama untuk mendukung partisipasinya sebagai bacaleg dalam Pemilu 2024.

Opie Kumis Daftar Persamaan Nama, Persiapan Nyaleg?
Opie Kumis Daftar Persamaan Nama. Gambar : VIVAnews/Adri Irianto

BaperaNews - Opie Kumis dikabarkan menjadi salah satu selebriti tanah air yang mendaftar sebagai bacaleg dan terjun ke dunia politik. Namun karena nama panggungnya beda dengan nama aslinya. Opie Kumis ajukan persamaan nama ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Nama asli komedian asal Betawi tersebut ialah Muchtar Lutfi sebagaimana yang tertera di identitas KTPnya. Nama Opie Kumis selama ini hanya sebagai nama panggungnya untuk memudahkan masyarakat mengenalnya. Nama panggung tersebut juga diberikan karena selama ini ia punya ciri khas selalu berkumis di tiap kesempatan.

“Saya pengen bikin persamaan nama. Kalau orang-orang tahunya dari layar kaca kan saya Opie Kumis. Nah ini mau jadi M Lutfi. Persamaan nama ini kan milik satu orang, jadi harus diurus dulu ke Pengadilan” kata Opie Kumis.

Opie menjelaskan, untuk kepentingan Opie Kumis nyaleg, ajuan persamaan nama dilakukan untuknya bisa terjun ke dunia politik sebagai bacaleg. 

Baca Juga : NIK Warga DKI yang Tak Tinggal di Jakarta Akan Dinonaktifkan Setelah Pemilu 2024

Opie mengakui setiap kali ia bekerja dipanggil dengan nama tersebut sehingga nama itu pula yang akhirnya dipakai di dunia politik. Padahal untuk terjun  ke politik Opie harus perkenalkan dan menjelaskan nama aslinya pada masyarakat.

“Saya mau daftar untuk pencalegan, Opie Kumis nyaleg nih, jadi saya tiap hari capek nih, masyarakat selalu panggilnya Bang Opie Kumis. Sedangkan nanti di buku pilihan tidak ada nama Opie Kumis, namanya M Lutfi. Jadi saya bilangin ke ibu-ibu, nama saya Opie Kumis, tapi aslinya itu M Lutfi. Jadi saya harus buat ini, buat Opie Kumis ajukan persamaan nama supaya orang tahu dan lihat. Itu alasannya” jelasnya.

Opie Kumis juga menyebut nama ini akan tetap berguna ketika berkampanye, agar masyarakat tidak bingung ketika Opie Kumis nyaleg.

“Saya bilangin ke ibu-ibu, nama panggung saya memang Opie Kumis, tapi nama asli saya M Lutfi. Kadang ada yang keras juga. Wah nama M Lutfi itu jelek, Opie Kumis saja. Jadi saya bikin ini supaya orang lihat. Misalnya nanti saya buat stiker, buat pengambilan beras. Itu akan ada keterangan, Opie Kumis (M Lutfi) gitu. Jadi ga nyasar. Kalau di KTP memang tetap M Lutfi. Opie Kumis itu cuma di tempat tertentu” pungkasnya.

Proses Opie Kumis ajukan persamaan nama ini masih membutuhkan waktu, salinan baru dibacakan majelis hakim pada Minggu mendatang.

Baca Juga : Diamuk Massa, Bacaleg PDIP Lombok Barat Diduga Hamili Anak Sendiri