Kronologi Ibu Melahirkan di Dalam Bus Jakarta-Garut yang Dibantu Kernet

Kronologi lengkap seorang ibu melahirkan di dalam bus jurusan Garut-Jakarta yang dibantu kernet bus. Simak Selengkapnya!

Kronologi Ibu Melahirkan di Dalam Bus Jakarta-Garut yang Dibantu Kernet
Kronologi Ibu Melahirkan di Dalam Bus Jakarta-Garut yang Dibantu Kernet. Gambar : Tangkapan Layar Tiktok/@ratna.una

BaperaNews - Sebuah video yang menunjukkan detik-detik seorang ibu melahirkan di dalam bus jurusan Garut-Jakarta yang sedang melaju di jalan tol tersebar luas di media sosial.

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (18/5) pagi saat bus dalam perjalanan menuju Bandung. Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun TikTok @ratna.una dan kemudian disebarkan oleh akun Instagram @bandung.banget.

Dalam narasi video yang diunggah, peristiwa dramatis tersebut terjadi ketika seorang penumpang perempuan mulai merintih kesakitan karena perutnya mengalami kram. 

Suami dari pemilik akun TikTok @ratna.una yang kebetulan sedang dalam perjalanan menuju Bandung, pindah tempat duduk dan duduk di sebelah perempuan tersebut. "Ga lama cewe itu bilang 'aa perut saya keram.' Emang kenapa? 'Ini kepalanya udah keluar,'" tulisnya.

Kernet bus Garut-Jakarta yang diberitahu oleh penumpang segera bertindak. "Pa tolong ini ada orang mau lahiran," ujar penumpang tersebut kepada kernet. 

Dalam situasi panik, kernet bus dengan sigap membantu proses persalinan. Bayi berhasil dilahirkan dengan selamat di dalam bus tersebut. 

Segera setelah itu, ibu dan bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Santosa Kopo di Kota Bandung, Jawa Barat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Nova Anggraeny, Manager Humas Santosa Hospital Bandung Kopo, mengonfirmasi bahwa peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.00 atau 08.30. 

"Hari Sabtu pagi sekitar jam 8 atau setengah sembilanan ada pasien datang dibawa sopir bus," ujarnya. 

Setibanya di RS Santosa Bandung, ibu tersebut langsung ditangani oleh tim medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan bayinya.

"Prosesnya bagus, ibu dan bayinya sehat," ucap Nova. Ia menambahkan bahwa setelah menjalani observasi selama satu hari, ibu dan bayinya diperbolehkan pulang pada Minggu siang. "Sebelumnya pas Sabtu ibunya mau pulang tapi tidak boleh oleh dokter diobservasi dulu karena kontraksinya kan terjadi di dalam bus," pungkasnya.

Baca Juga : Kiki Amalia Sebut Hampir Melahirkan di Taksi, Terobos Jalur Busway hingga Ditahan Polisi

Kejadian ibu melahirkan di dalam bus Garut-Jakarta ini menarik perhatian netizen dan mendapatkan banyak respons positif. Banyak yang memuji keberanian dan ketangkasan kernet bus yang membantu proses persalinan dalam situasi darurat. 

Selain itu, netizen juga menyampaikan doa dan ucapan selamat untuk ibu dan bayi yang baru lahir tersebut. "Alhamdulillah, semoga ibu dan bayinya selalu sehat," tulis salah satu netizen di kolom komentar.

Peristiwa melahirkan di bus ini mengingatkan kita akan pentingnya kesiapan dalam situasi darurat dan peran krusial yang dimainkan oleh individu-individu seperti kernet bus.

Keberanian dan kecepatan tanggap dalam membantu orang lain bisa sangat menentukan keselamatan dan kesehatan seseorang dalam situasi darurat. 

Selain itu, respons cepat dari sopir bus yang langsung membawa ibu dan bayi ke rumah sakit terdekat juga sangat krusial. 

Aksi cepat ini membantu memastikan bahwa ibu dan bayi mendapatkan perawatan medis yang diperlukan sesegera mungkin. Rumah Sakit Santosa Kopo yang berada dekat dengan lokasi kejadian memberikan pelayanan yang memadai sehingga ibu dan bayi bisa segera ditangani.

Baca Juga : Viral Kepala Bayi Tertinggal di Dalam Rahim Ibu Muda di Bangkalan Saat Proses Melahirkan