Kapal Perang Prancis FREMM Bretagne D655 Bersandar di Dermaga Jakarta, Marinir Berjaga

Kapal perang FREMM Bretagne (D655) milik Perancis bersandar di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta, dari Senin hingga Jumat. Simak selengkapnya di sini!

Kapal Perang Prancis FREMM Bretagne D655 Bersandar di Dermaga Jakarta, Marinir Berjaga
Kapal Perang Prancis FREMM Bretagne D655 Bersandar di Dermaga Jakarta, Marinir Berjaga. Gambar : Portal Komando

BaperaNews - Kapal perang milik Angkatan Laut Perancis, FREMM atau "European multi-purpose frigate" Bretagne (D655) saat ini bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, mulai Senin (20/05).

Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta, Letkol Laut (KH) M Qomar Syarifudin, menyatakan bahwa kapal fregat multi-guna produksi Naval Group dan Fincantieri ini diperkirakan akan bersandar hingga Jumat (24/5).

"Hanya port visit, tidak ada agenda lain," kata Qomar melalui pesan tertulis, Selasa (21/5).

Kedatangan FREMM Bretagne (D655) disambut oleh Wakil Komandan Lantamal III, Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, pada hari Senin kemarin.

Prajurit Lantamal III telah dikerahkan untuk menjaga lalu lintas maritim dan kebebasan berlayar sesuai dengan konvensi PBB tentang hukum laut. Sebagai bentuk komitmen kedua negara, kedatangan kapal perang tersebut menunjukkan kerja sama yang erat antara Prancis dan Indonesia dalam menjaga keamanan dan stabilitas regional dan global.

Pasukan Marinir, khususnya prajurit Hiu Perkasa Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta, telah dipersiapkan untuk melaksanakan pengamanan kapal perang tersebut.

Baca Juga: Marck Zuckerberg Beli Kapal Pesiar Seharga Rp4,7 T

Lantamal III menugaskan Yonmarhanlan III untuk menurunkan tim Quick Respon Force (QRF) di bawah pimpinan Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Yonmarhanlan III Mayor Marinir Soebari. Komandan Yonmarhanlan III, Mayor Marinir Surya Affandy Novyanto, menekankan pentingnya profesionalisme dan keselamatan dalam menjalankan tugas pengamanan tersebut.

Kedatangan kapal perang Prancis ini merupakan bagian dari kerja sama bilateral antara kedua negara, yang diharapkan dapat memperkuat hubungan di bidang pertahanan serta meningkatkan koordinasi antarlembaga dalam menjaga keamanan maritim.

FREMM Bretagne (D655) merupakan salah satu kapal perang yang memiliki kemampuan serba guna dan telah terbukti dalam berbagai misi operasi di berbagai belahan dunia.

Kehadirannya di perairan Indonesia juga memberikan kesempatan bagi personel TNI AL untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan anggota kapal perang Perancis tersebut.

Baca Juga: Kapal Terbalik di Korea Selatan, 2 WNI Dikabarkan Tewas