Kominfo Akan Matikan TV Analog Wilayah Bali dan Sumsel, Cek Jadwalnya!

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) akan suntik mati TV Analog di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bali pada 31 Maret 2023 mendatang.

Kominfo Akan Matikan TV Analog Wilayah Bali dan Sumsel, Cek Jadwalnya!
Kominfo Matikan TV Analog Wilayah Bali dan Sumsel. Gambar : Kompas.com/Dok. Masriadi Sambo

BaperaNews - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menjadwalkan suntik mati TV Analog di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bali pada 31 Maret 20223 mendatang.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos Informatika Kemenkominfo, Geryantika Kurnia menyebut kebijakan suntik mati TV Analog di Sumsel dan Bali ini telah dikoordinasikan dengan lembaga terkait seperti Pemerintah daerah dan Lembaga Penyiarannya.

“Setelah itu juga berdasarkan pencapaian set top box (STB) untuk keluarga miskin” tutur Geryantika Kurnia, Minggu (19/3). Penetapan suntik mati TV Analog di Sumsel dan Bali sebelumnya dijadwalkan pada 20 Maret 2023, maka jadwal kini mundur 11 hari dari jadwal semula.

Prioritas program analog switch off (ASO) sudah disepakati mulai pada 20 Maret 2023 pukul 24.00 waktu setempat untuk wilayah Kalimantan Selatan (Banjarmasin dan sekitarnya). Sedangkan untuk jadwal suntik mati TV Analog di Bali dan Sumsel (Palembang dan sekitarnya) dimulai pada 31 Maret 2023 pukul 24.00 waktu setempat.

Baca Juga : TV Analog Dimatikan Demi Jaringan 5G? Ini Kata Kominfo

Pemadaman TV Analog tersebut dilakukan sesuai kesepakatan bersama penyelenggara multipleksing dan TV program siarannya juga memperhatikan kesiapan STB.

STB akan terus didistribusikan kepada rumah tangga miskin di Palembang, Bali, Banjarmasin, dan sekitarnya dengan jumlah 131 ribu unit.

Bagi masyarakat yang mampu dihimbau untuk segera membeli STB agar kelak bisa langsung menikmati siaran TV Digital.

“Jauh-jauh hari disiapkan yang TVnya masih analog agar membeli STB” imbuhnya. Geryantika Kurnia juga memastikan pemerintah turut memantau harga STB di pasaran agar harganya tetap stabil.

Jumlah STB untuk rakyat miskin menurut Kurnia saat ini sudah terdistribusi 80% di Bali dan 87% di Sumsel, serta 95% Kalsel. Kendala kurangnya distribusi STB ialah karena adanya cuaca ekstrim, namun Kurnia memastikan hal ini tidak akan mempengaruhi jadwal dan fokus persiapan ASO.

“Hal ini tidak akan merubah fokus di ASO karena ada posko bantuan disiapkan sebagaimana pelaksanaan ASO di kota lainnya, yang miskin dan belum mendapat STB bisa datang ke posko” pungkas Kurnia.

Jadwal Lengkap TV Analog Dimatikan Maret 2023

Berikut daftar lengkap jadwal suntik mati TV Analog beserta wilayahnya pada 20 Maret dan 31 Maret 2023

  • Bali : Denpasar, Jembrana, Badung, Tabanan, Gianyar, Bangil, Klungkung, Buleleng, Karangasem.
  • Kalimantan Selatan 1 : Banjarmasin, Banjar, Banjarbaru, Tanah Laut, Barito Kuala.
  • Sumatera Selatan 1 : Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir.

Baca Juga : Simak Cara Pasang Set Top Box Di Dua TV!