Simak Cara Pasang Set Top Box Di Dua TV!

Banyak yang belum tahu bila satu set top box dapat digunakan untuk 2 tv bahkan lebih, simak cara pasang set top box di dua tv!

Simak Cara Pasang Set Top Box Di Dua TV!
Cara pasang Set Top Box di dua TV. Gambar : Dok. Kominfo

BaperaNews - Televisi lawas butuh Set Top Box (STB) untuk bisa menikmati siaran TV Digital. Mau tidak mau harus membelinya jika ingin tetap menikmati tayangan TV di rumah. Bagaimana jika dalam satu rumah ada lebih dari satu televisi?

Sebagai informasi suntik mati TV Analog dilakukan di Jabodetabek dan kota-kota lain pada 2 November 2022. Disusul oleh wilayah Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Batam serta kota yang berada di sekitar kabupaten tersebut.

Suntik mati TV Analog dilakukan demi menciptakan kualitas siaran yang lebih baik untuk masyarakat dan meningkatkan kecepatan jaringan internet di Indonesia. TV Digital akan menjadi program pemerataan nasional, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia baik yang tinggal di perkotaan maupun di pedalaman dan pedesaan bisa menikmati siaran TV yang lebih jernih dan lebih jelas suaranya, bebas dari gambar buram sebagaimana yang sering terjadi pada TV Analog.

Usai suntik mati TV Analog, Set Top Box jadi perangkat paling dicari. STB harganya Rp 100 – 300 ribu. Namun, seringkali dalam satu rumah memiliki lebih dari 1 TV. Tidak perlu harus membeli STB lebih dari 1, STB bisa dipasang untuk lebih dari 1 TV yang ada di rumah. Maka bisa membuat masyarakat lebih hemat.

Baca Juga : Begini Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis Dari Pemerintah!

Tiap port out atau jalur yang menyambung ke TV yang ada di STB mengeluarkan sinyal digital, port tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengalirkan sinyal digital ke TV-TV di rumah, simak cara pasang Set Top Box di Dua TV.

Berikut Cara Pasang Set Top Box di Dua TV:

  1. Sambungkan kabel antena ke STB.
  2. Colokkan kabel warna merah kuning putih (RCA) ke STB dan colokkan kabel lainnya ke TV Tabung.
  3. Colokkan kabel HDMI ke STB, colokkan kabel lain ke TV LED.

Cara pasang set top box di dua TV hanya bisa dilakukan jika TV di rumah ialah TV tabung yang terhubung dengan STB di kabel RCA dan TV lainnya TV LED yang dihubungkan dengan kabel HDMI ke STB. Jarak TV juga perlu diperhatikan, yang bisa dijangkau oleh ukuran kabel yang ada di STB.

Jika TV di rumah misalnya keduanya sama-sama TV LED atau sama-sama TV Tabung maka memang harus membeli masing-masing 1 Set Top Box untuk per TVnya.

Baca Juga : Daftar Harga Set Top Box (STB) Terbaik Untuk Siaran TV Digital