Daftar Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia, Ada Eropa!

Data terkini menunjukkan lonjakan pesat dalam jumlah wisatawan Indonesia yang menjelajahi dunia pada Juli 2023, mencapai lebih dari 1,1 juta perjalanan internasional.

Daftar Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia, Ada Eropa!
Daftar Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia, Ada Eropa!. Gambar : Dok.Blog.Bibit

BaperaNews - Data dari CEIC menunjukkan lonjakan yang drastis dalam jumlah wisatawan Indonesia yang melakukan perjalanan internasional.

Pada Juli 2022, hampir 650 ribu wisatawan Indonesia melakukan perjalanan ke luar negeri. Angka ini meningkat pesat pada Juli 2023, mencapai sekitar 1,1 juta kunjungan ke berbagai destinasi di seluruh dunia.

Meskipun sebagian besar negara masih mewajibkan visa untuk wisatawan Indonesia, terdapat 74 negara yang memberikan fasilitas bebas visa, Visa on Arrival (VoA), atau Electronic Travel Authority (eTA) kepada pemegang paspor RI.

Beberapa negara di Asia, seperti Brunei, Filipina, dan Singapura, memberikan fasilitas bebas visa dengan batas waktu tertentu. Negara-negara lain, seperti Kamboja, Jepang, dan Malaysia, memberikan akses bebas visa atau VoA.

Negara seperti Azerbaijan, India, dan Sri Lanka menawarkan e-Visa atau VoA, memudahkan perjalanan bagi wisatawan Indonesia. 

Baca Juga : Bebas Visa Kunjungan Untuk 159 Negara Akan Dihentikan Sementara

Wilayah Eropa juga terbuka bagi wisatawan Indonesia dengan beberapa negara seperti Belarus, Serbia, dan Turki yang memberikan fasilitas bebas visa.

Beberapa negara di Afrika, seperti Gambia, Maroko, dan Senegal, memberikan fasilitas bebas visa dengan batas waktu tertentu. Negara-negara seperti Madagaskar, Mozambique, dan Tanzania menawarkan fasilitas VoA atau e-Visa untuk wisatawan Indonesia.

Destinasi eksotis seperti Kepulauan Cook, Fiji, dan Micronesia memberikan fasilitas bebas visa dengan batas waktu tertentu.

Negara-negara seperti Kepulauan Marshall, Palau, dan Papua Nugini menyediakan VoA atau e-Visa untuk memudahkan perjalanan wisatawan Indonesia.

Wisatawan Indonesia dapat menikmati liburan di Barbados, Dominica, dan Haiti tanpa visa dengan batas waktu tertentu.

Negara-negara seperti Brazil, Chile, dan Kolombia memberikan fasilitas bebas visa atau VoA dengan batas waktu tertentu.

Nicaragua menyediakan fasilitas VoA untuk memudahkan perjalanan wisatawan Indonesia. Wisatawan Indonesia juga dapat menjelajahi Oman dan Qatar tanpa visa dengan batas waktu tertentu.

Negara seperti Armenia, Iran, dan Yordania memberikan fasilitas VoA atau e-Visa untuk wisatawan Indonesia.

Dengan daftar negara bebas visa yang semakin bertambah, wisatawan Indonesia memiliki lebih banyak pilihan destinasi yang dapat dijelajahi tanpa beban visa.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke luar negeri, perlu juga meningkatkan kesadaran akan tata cara perjalanan yang aman dan sesuai dengan regulasi setiap negara.

@baperanews.com Daftar Negara Bebas Visa untuk Paspor Indonesia, Ada Eropa! #visa #pasporindonesia #pasports ♬ original sound - Mamiq indra

Baca Juga : Ingin Bebas Visa Ke Jepang? Begini Cara Daftar Visa Waiver Jepang Online 2023