Part 2 : Fahd A Rafiq Sebelum Jadi Pengusaha Harus Paham Identify Value dan Chain of Production

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq menjelaskan sebelum menjadi seorang pengusaha harus paham identify value dan chain of production.

Part 2 : Fahd A Rafiq Sebelum Jadi Pengusaha Harus Paham Identify Value dan Chain of Production
Fahd A Rafiq jelaskan menjadi pengusaha harus paham identify value dan chain of production. Gambar : unsplash.com/Dok. Scott Graham

BaperaNews - Fahd A Rafiq yang merupakan Ketua Umum DPP Bapera akan membahas ilmu yang mahal dalam bisnis, jika bisnis rugi jangan diabaikan.

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam dunia bisnis ialah salah melihat level bisnis dan perdana dalam melihat bisnis. 

Fahd A Rafiq memberikan kunci kesuksesan dengan cara mendeliver usaha kita di mata funder, diingatkan juga bahwa pihak Bank hanya suka level strata 2 dan 3.

Pengusaha bukan pedagang dan juga bukan penjual. Jualan merupakan salah satu dari puluhan hal yang dikerjakan oleh pengusaha. Namun, semua pengusaha bisa berjualan tapi tidak dengan penjual jadi pengusaha.

Fahd A Rafiq mengatakan, “Di dunia bisnis yang paling banyak itu adanya modal dan itu ada di periode Inkubator. Karena periode Inkubator ini posisinya krusial, maka kita semua harus bedah lebih mendalam supaya benar dalam menerapkan “Value atau Usaha” di dalam diri kita sendiri”.

“Di dalam ilmu Manajemen klasik, menjelaskan bahwa kita harus menentukan Visi dan Misi sebelum memulai usaha. Banyak orang yang memulai dari sini atau mengerti. Bukan untuk menakut-nakuti, membuat bisnis itu susah banget,” ujarnya.

Fahd A Rafiq juga menjelaskan dengan singkat tentang identify value (identifikasi nilai).

Penentuan nilai inilah yang membuat Wright brothers bikin pesawat terbang, Steve job dan Wozniak membangun Apple serta Mark Zuckerberg membangun Facebook tersebut menjadi kunci utama sebelum ke Inkubator identify value. 

Yang menjadi pertanyaan untuk calon pebisnis atau yang sudah menjalankan usahanya. Bisakah mereka menentukan identify value jadi mudah?

Setelah mengidentifikasi nilai tersebut, lakukan 3 hal baru yang dikenal di dalam dunia manajemen yaitu 3S yakni Strategi, Struktur, dam Sistem.

Fahd A Rafiq akan menjelaskan secara sederhana dan memberi semangat, “Jadi pengusaha itu sulit, matrik berfikirnya banyak, multi tasking job, jadi memang harus selalu  bersemangat” imbuhnya.

Baca Juga : Part 1: Fahd A Rafiq Bicara Manajemen Dan Bisnis

Menjadi pengusaha adalah lompatan spiritual bisa 5 - 6 kali lebih rumit dari berdagang.

Besarnya sebuah bangsa ialah sektor pengusaha swasta yang menentukan dan mampu menghidupkan para karyawan. Memutarkan pajak ekonomi dengan chain of production. Sehingga, semakin panjang chain of production semakin besar revenue sales perusahaan dan semakin rumit organisasi bisnisnya.

Fahd A Rafiq menyebutkan bahwa rantai produksi ialah awalan dari starter incubator, biasanya rantai produksi pendek hanya 3-5 step sudah langsung dagang. Seperti, Anda seorang  trainer mata rantai produksinya hanya jualan proposal ke perusahaan. Modal bawa diri buat presentasi masa lalu dan proposal latihan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. 

Ketika purchase order keluar Anda menyiapkan materi, makalah, lalu mengajar dan menagih. Semakin tinggi harga perusahaan semakin menuntut jasa Anda lebih banyak. 

Seperti contoh di awal ada pre-test dan di akhir ada post-test. Ada laporan dimana setiap sesinya dengan cuplikan video pelatihan, dari anda ditambah coaching setelah training dalam 3 bulan. Setelah itu ada review dan hasil dari pelatihan tersebut ada Growth di penjualan serta ada "Behaviour Changing" di manajemen

Kesimpulan dari semua rantai pelatihan menjadi panjang dan dibedakan dalam satu usaha pelatihan dengan satu usaha pelatihan lainnya. Dimana yang diajarkan mungkin sama, namun bungkusan Chain of Productionnya panjang yang akan semakin mahal harga jualnya dan rumit organisasinya.
Maka dari itu perusahaan yang panjang dan rumit sampai banyak client, itu lebih dibutuhkan oleh para pengusaha yang ingin perusahaannya dilatih oleh mereka dan menghandle panjangnya rantai produks. Jadi di setiap lini itu ada ilmunya sendiri sendiri. 

Fahd A Rafiq menjelaskan kembali pada 3S (Strategi, Struktur, dam Sistem), bahwa chain of production ialah sistem, sehingga siapa yang menentukan sistem? Yaitu struktur usaha yang ditentukan oleh strategi bisnis setelah menemukan value (nilai).

“Banyak yang memulai usaha dari menentukan strukturnya, namun apakah ada yang memulai dari strategi pasar? Ada juga, adakah yang fokus di barang produksi? Jawabnya ada. Ini semua nantinya menentukan ketahanan bisnis Anda. Mengapa bisnis 1 tahun bubar, padahal produksinya bagus, pasarnya besar. Bisa terjawab dari sekarang ketika pemahaman perusahaannya mulai masuk. Nah, rumit ya jadi pengusaha, masih minat?,” imbuhnya.

Maka dari penjelasan Fahd A Rafiq bahwa penting untuk mempelajari chain of production jika ingin memulai menjadi seorang pengusaha.

Penulis : ASW