Melly Goeslaw Bongkar Pasang Vokal Nike Ardilla untuk Lagu Baru

Melly Goeslaw merilis lagu Bertemu Kembali sebagai proyek istimewa mengenang Nike Ardilla. Simak selengkapnya di sini!

Melly Goeslaw Bongkar Pasang Vokal Nike Ardilla untuk Lagu Baru
Melly Goeslaw Bongkar Pasang Vokal Nike Ardilla untuk Lagu Baru. Gambar : Instagram/@melly_goeslaw

BaperaNews - Melly Goeslaw Goeslaw dan timnya baru saja merilis lagu Bertemu Kembali, yang merupakan hasil rekaman ulang suara mendiang Nike Ardilla.

Lagu ini dirilis pada Rabu, (6/12), sebagai proyek kolaborasi istimewa untuk mengenang sahabatnya yang telah meninggal pada Maret 1995.

Dalam jumpa media pada Jumat, (8/12), Melly Goeslaw menegaskan bahwa suara Nike Ardilla yang terdengar dalam lagu tersebut adalah asli.

Suaranya bukan AI ya, suaranya asli, diambil dari master yang dulu. Jadi bukan AI. Yang AI itu video klipnya, ungkap Melly Goeslaw saat menjelaskan kepada media.

Melly Goeslaw menyatakan bahwa proyek kolaborasi ini awalnya muncul dari tawaran Produser Musica Studio's, Indrawati Widjaja, untuk menggarap lagu bersama Nike Ardilla.

Meskipun suara Nike Ardilla diambil dari master vokal yang sudah ada, proses produksi memakan waktu tiga bulan. Melly Goeslaw dan timnya menghadapi kesulitan dalam menyatukan nuansa vokal keduanya.

Pusing juga mixingnya agak sulit, karena vokal aku sama vokal Nike supaya cocok, supaya sama nuansanya, tambah Melly Goeslaw, mengungkapkan tantangan dalam menyatukan dua suara yang berbeda.

Baca Juga: Melly Goeslaw Diduga Selingkuh dengan Oknum Polisi, Eks Istri Sah Buka Suara

Melly Goeslaw mengakui bahwa proyek ini terinspirasi dari duet Dua Lipa dan Elton John dalam lagu Cold Heart (2021). Duet tersebut menggabungkan lagu-lagu lawas Elton John dengan sentuhan modern.

Melly Goeslaw pun memilih untuk menghadirkan kembali suara Nike Ardilla dengan menyatukan lagu-lagu lama dan baru. Salah satu lagu yang dipilih adalah Duka Pasti Berlalu.

Menurut saya teknologi ini harus digunakan sebaik mungkin untuk mengetengahkan lagi pelaku industri zaman dulu, biar dikenal Gen-Z. Menurut saya, mereka harus tau sejarahnya.

Dengan AI ini, mereka jadi tahu, ujar Melly Goeslaw, memberikan alasan di balik penggunaan teknologi kecerdasan buatan untuk memperkenalkan kembali musisi lawas kepada generasi baru.

Setelah menyelesaikan proses rekaman vokal, tantangan selanjutnya adalah menciptakan kembali sosok Nike Ardilla untuk video klip lagu tersebut.

Mengingat master vokal Nike yang asli tidak dapat ditemukan karena sudah terbakar, produser proyek ini, Anto Hoed dan Dimas Wibisana, memanfaatkan teknologi deepfake. Teknologi ini menggunakan kecerdasan buatan untuk menyatukan kemiripan seseorang ke wajah orang lain dalam foto atau video.

Walau ada teknologi baru, tapi ada undang-undangnya, copyright, jadi enggak usah khawatir, kata Melly Goeslaw, menanggapi penggunaan teknologi deepfake dengan memperhatikan aspek hukum.

Melly Goeslaw berharap proyek ini dapat menjadi terobosan baru untuk musik Indonesia. Menurutnya, penggunaan teknologi kecerdasan buatan dapat menjadi sarana efektif untuk memperkenalkan kembali musisi-musisi lawas kepada generasi muda.

Dengan menggabungkan inovasi teknologi dan warisan musik, Melly Goeslaw berusaha memberikan pengalaman mendengar yang unik dan edukatif.

Memang susah dan terobosan baru sih buat musik Indonesia. Musisi itu banyak banget di zaman dulu, itu jadi inspirasi buat saya sebagai komposer, tapi enggak tahu yang nyanyi siapa, ungkap Melly Goeslaw, menutup pembicaraannya.

Baca Juga: Melly Goeslaw Cuma Bisa Makan Satu Sendok Nasi Usai Operasi Bariatrik