Fitur Baru! WhatsApp Tak Bisa Screeshot Foto Profil

WhatsApp meluncurkan fitur baru yang membatasi penggunaan screenshot pada foto profil. Simak Berita Selengkapnya di sini!

Fitur Baru! WhatsApp Tak Bisa Screeshot Foto Profil
Fitur Baru! WhatsApp Tak Bisa Screeshot Foto Profil. Gambar : Unsplash/Christian Wiediger

BaperaNews - WhatsApp terus mengupayakan peningkatan privasi pengguna dengan menguji fitur baru yang akan memblokir kemampuan untuk mengambil (screenshot) foto profil. Hal ini menjadi langkah penting mengingat meningkatnya masalah keamanan di media digital. 

Dengan mengembangkan fitur screenshot foto profil, WhatsApp berusaha memberikan lapisan keamanan ekstra untuk mencegah penyalahgunaan foto pengguna.

Fitur screenshot foto profil telah diluncurkan dalam pembaruan WhatsApp versi beta di Google Play Beta Program, sebagaimana dilaporkan oleh WABetaInfo. 

Saat pengguna mencoba mengambil tangkapan layar foto profil pengguna lain, yang akan muncul adalah layar hitam dengan pesan yang menyatakan 'Tidak dalam mengambil screenshot karena pembatasan aplikasi'.

Meskipun fitur ini saat ini hanya tersedia untuk beberapa orang pada versi beta untuk Android, namun pemblokiran tangkapan layar akan tersedia untuk lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga : Fitur Baru WhatasApp! Bisa Berbagi File di Lokasi yang Berdekatan

Selain itu, pengguna juga diberikan opsi untuk menyembunyikan foto profil mereka dari semua pengguna WhatsApp lainnya atau kontak yang dipilih. 

Opsi tersebut dapat diakses melalui Pengaturan -> Privasi -> Foto Profil, dengan pilihan untuk memilih 'semua orang', 'tidak ada orang', atau 'kontak saya'.

WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur kode rahasia untuk melindungi obrolan yang terkunci untuk perangkat web. Fitur ini dirancang untuk memberikan lapisan keamanan dan privasi tambahan untuk percakapan. 

Meskipun belum tersedia saat ini, namun kemungkinan akan muncul di versi web WhatsApp di masa mendatang.

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen WhatsApp dalam meningkatkan privasi pengguna dan melindungi mereka dari potensi penyalahgunaan data pribadi. 

Dengan memperkenalkan fitur-fitur baru yang mengutamakan keamanan dan privasi, WhatsApp berupaya menjaga integritas platformnya dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih aman dan nyaman.

Baca Juga : WhatsApp Rilis Fitur Baru di iPhone, Bisa Bikin Sticker WA Tanpa Tinggalkan App