Doa Sebelum Ujian Agar Diperlancar Dalam Mengerjakan

Gak perlu cemas dan bingung lagi! Simak doa sebelum ujian agar hati kamu tenang dan PD banget, lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Doa Sebelum Ujian Agar Diperlancar Dalam Mengerjakan
Doa Sebelum Ujian Agar Diperlancar Dalam Mengerjakan. Gambar : unsplash.com/Dok. Masjid MABA

BaperaNews - Ujian merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan pendidikan. Saat menghadapi ujian, tidak sedikit orang yang merasa cemas dan tegang. Namun, perlu diingat bahwa ujian sejatinya adalah kesempatan untuk mengukur kemajuan dan kemampuan kita.

Pada kesempatan ini, Bapera News akan membahas doa sebelum ujian, khususnya doa sebelum ujian lisan, sebagai sarana untuk mencari keberkahan dan kelancaran dalam menghadapi tantangan ini.

Doa Sebelum Ujian Agar Mendapat Nilai Bagus

Dalam proses belajar, ujian merupakan langkah yang tidak dapat dihindari. Ujian bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, melainkan sebagai kesempatan untuk menunjukkan pengetahuan dan kemampuan. 

Meskipun demikian, rasa cemas seringkali menghampiri, dan itulah mengapa doa sebelum ujian memiliki peran penting. Ada doa sebelum ujian, yaitu:

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Latin:

"Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlan wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan."

Artinya:

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

Doa sebelum ujian mengajarkan kita untuk berserah diri kepada Allah SWT, mengakui bahwa segala kemudahan hanya berasal dari-Nya. Dengan membaca doa ini, kita memohon agar Allah SWT mempermudah setiap langkah ujian yang akan dihadapi.

Baca Juga : 4 Doa Memperlancar Rezeki dan Pekerjaan, Yuk Diamalkan!

Doa Sebelum Ujian Lisan Agar Dilancarkan

Ujian lisan seringkali menjadi momok bagi banyak pelajar. Kecemasan akan bagaimana menyampaikan pemahaman dengan baik dapat menjadi beban tambahan. Dalam konteks ini, doa yang diajarkan oleh Nabi Musa AS dapat menjadi pegangan:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي , وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي , وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي , يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latin:

"Robbisyroh lii shodrii, wa yassir lii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaanii, yafqohu qoulii."

Artinya:

"Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku," (QS Thaha: 25-28).

Doa sebelum ujian lisan mengandung permohonan untuk kelancaran dalam berbicara dan memohon pemahaman dari orang-orang yang mendengar. 

Dengan mengucapkan doa mengerjakan ujian ini, diharapkan Allah SWT memberikan keberanian dan kemudahan dalam menjalani ujian lisan.

Doa Agar Dipermudah Segala Urusan

Tidak hanya doa sebelum ujian, Islam juga mengajarkan amalan-amalan tertentu agar dipermudah dalam segala urusan. Salah satunya adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latin:

"Rabbisy roḥlii ṣhadrii wa yassir lii amrii waḥlul 'uqdatam mil lisaanii yafqahuu qaulii."

Artinya:

"Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku dan ringankanlah segala urusanku serta lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku." (QS Thaha: 25-28)

Amalan ini mencakup permohonan agar dijauhkan dari kesulitan, baik dalam urusan pekerjaan, kehidupan sehari-hari, maupun dalam menghadapi ujian. 

Melalui amalan agar dipermudah segala urusan, diharapkan segala urusan menjadi lebih mudah dan diberi kelancaran.

Doa sebelum ujian, terutama ujian lisan, menjadi benteng yang dapat menguatkan mental dan memberikan ketenangan. Dengan meyakini bahwa setiap langkah kita selalu diawasi oleh Allah SWT, rasa cemas dapat diatasi. 

Semoga dengan keyakinan dan usaha yang sungguh-sungguh, kita dapat meraih kelancaran dan keberkahan dalam setiap ujian kehidupan.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Istikharah dan Manfaat Sholat Istikharah

@baperanews.com Ujian merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan pendidikan. Saat menghadapi ujian, tidak sedikit orang yang merasa cemas dan tegang. Namun, perlu diingat bahwa ujian sejatinya adalah kesempatan untuk mengukur kemajuan dan kemampuan kita #doa #viral #ujian #sukses #baperanews ♬ snowfall - Øneheart & reidenshi