Daftar Penyakit Yang Bisa Menular Lewat Sentuhan Tangan

Berbagai penularan penyakit dapat menular lewat berbagai macam cara, simak daftar penyakit yang dapat menular lewat sentuhan tangan, ada Diare dan Tifus.

Daftar Penyakit Yang Bisa Menular Lewat Sentuhan Tangan
Berbagai penularan penyakit dapat menular lewat sentuhan tangan, simak daftar penyakit yang dapat menular lewat sentuhan tangan, ada Diare dan Tifus. Gambar : Unsplash.com/Dok. RĂ©mi Walle

BaperaNews - Media penularan penyakit terbesar pada manusia ialah tangan. Tangan yang terlihat bersih sekalipun ternyata bisa menjadi sarang bakteri atau virus. Kuman tersebut kemudian menyebar ke orang lain melalui sentuhan.

Sebab itu organisasi kesehatan dunia WHO menyarankan agar sering mencuci tangan dengan air dan sabun untuk meminimalisir penularan penyakit. Lantas apa saja penyakit yang bisa menular dari sentuhan tangan? Berikut informasinya.

  1.       Covid-19

Kebanyakan orang sudah memahami covid-19 bisa menular lewat sentuhan tangan, covid-19 bisa menyebar dengan cepat dari orang yang terinfeksi. Ketika batuk atau bersin, virus akan menyebar lewat udara dan mengenai benda-benda di sekitarnya. Orang lain yang menyentuh benda tersebut kemudian turut terkena covid-19.

  1.       Diare

Diare ialah meningkatkan frekuensi buang air besar dengan konsistensi lebih cair, penyebabnya bakteri salmonella dan escheria coli. Bakteri tersebut bisa menyebar lewat makanan, hewan, atau dengan kontak manusia yang sakit ketika bersentuhan tangan atau bagian tubuh lainnya.

  1.       Radang tenggorokan

Pasien radang tenggorokan bisa menularkan virus kepada orang lain ketika bersin atau batuk. Bakteri streptococcus A yang jadi penyebabnya kemudian masuk dan menyebar ke tenggorokan orang lain. Penyakit ini biasanya bergejala batuk, pilek, dan rasa sakit di tenggorokan ketika menelan makanan.

Baca Juga : Wamenkes Ungkap Alasan Percepatan Vaksin Dosis Keempat Untuk Nakes

  1.       Hepatitis A

Tangan yang tidak bersih atau tidak mencuci tangan sebelum makan ialah salah satu sebab penyakit Hepatitis A. Penyakit ini menyerang hati dan berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi, kemudian menular ke orang lain dari kontak langsung.

WHO mengungkap penyakit Hepatitis A sebagian besar menular dari sentuhan tangan, terutama ketika memakai kamar mandi umum dan tidak mencuci tangan setelahnya. Gejala Hepatitis A ialah gangguan pencernaan, kelelahan, dan demam.

  1.       Tifus

Tifus disebabkan bakteri salmonella typhi, penyebabnya karena tidak mencuci tangan secara rutin terutama setelah buang air besar. Penyebab lain ialah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri penyebabnya.

Cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit tersebut ialah dengan mencuci tangan secara rutin. Cuci tangan dengan air dan sabun setiap kali sebelum makan, setelah buang air besar, setelah bepergian atau keluar rumah, setelah memegang hewan, dan seluruh aktivitas yang memungkinkan terkena bakteri.

Jika berada di tempat umum atau tidak memungkinkan untuk cuci tangan, bisa memakai hand sanitizer yang juga ampuh membunuh kuman.

Baca Juga : Simak! Fakta - Fakta Penting Penyakit Cacar Monyet