Benarkah Jalan Kaki Bisa Turunkan Berat Badan? Simak Kata Ahli

Spesialis kedokteran olahraga dari Slim + Health, Sports Therapy, dr Michael Triangto menyampaikan bahwa jalan kaki merupakan salah satu olahraga paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Benarkah Jalan Kaki Bisa Turunkan Berat Badan? Simak Kata Ahli
Benarkan jalan kaki bisa menurunkan berat badan. Gambar : unsplash.com/Dok. Arek Adeoye

BaperaNews - Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang sangat baik yang dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus memberikan manfaat kesehatan lainnya. Kendati demikian, banyak anggapan bila jalan kaki tidak efektif untuk menurunkan berat badan.

Berbalik dari anggapan banyak orang mengenai hal tersebut, seorang netizen berbagi kisah tentang dirinya yang berjalan kaki setiap hari dan berhasil menurunkan berat badan.

Kisah tersebut diunggah di Twitter. Pengunggah melampirkan foto tangkapan layar yang menyebutkan, jalan kaki selama 45 menit setiap hari bisa menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram dalam waktu dua bulan.

"Cuma jalan 45 menit tiap hari, 2 bulan bisa turun 10 kilo ya ges ya," narasi dalam gambar di Twitter @diethingy

Baca Juga : Apakah Berbahaya Telan Permen Karet Secara Tak Sengaja?

Apakah Jalan Kaki Bisa Menurunkan Berat Badan?

Spesialis kedokteran olahraga dari Slim + Health, Sports Therapy, Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta Pusat, dr Michael Triangto membenarkan bahwa jalan kaki memang bisa menurunkan berat badan.

Untuk berhasil menurunkan berat badan dengan berjalan kaki, suatu program olahraga harus memenuhi unsur FITT, meliputi frequency, intensity, time, dan type.

  1. Frequency atau frekuensi suatu olahraga, misalnya sebanyak tiga sampai lima kali dalam seminggu.
  2. Intensity atau intensitas, yakni intensitas latihan fisik yang dijalani. Dokter Michael mengatakan, jalan kaki termasuk dalam olahraga berintesitas sedang.
  3. Time atau waktu yang menunjukkan seberapa lama durasi olahraga berlangsung, misalnya 45 menit per hari.
  4. Type atau tipe olahraga, dalam hal ini merupakan jalan kaki.

Sebagai informasi, manfaat jalan kaki secara rutin meliputi mencegah penyakit jantung, menambahkan kekuatan otot dan membuat otak menjadi lebih positif dan manfaat jalan kaki untuk menurunkan berat badan dapat membakar lemak tubuh, karena bisa menurunkan berat badan dan mempunyai tubuh yang ideal.

Baca Juga : Kenapa Badan Manusia Bisa Bau? Simak Penyebab Bau Badan Hingga Cara Mencegahnya!