Kenapa Badan Manusia Bisa Bau? Simak Penyebab Bau Badan Hingga Cara Mencegahnya!

Bau badan tentu pernah dialami setiap orang, lalu kenapa badan manusia bisa bau? Berikut penyebab bau badan dan cara mencegahnya!

Kenapa Badan Manusia Bisa Bau? Simak Penyebab Bau Badan Hingga Cara Mencegahnya!
Penyebab bau badan dan cara mencegahnya. Gambar : Freepik.com/Dok. karlyukav

Baperanews - Pernahkah kalian berdesak-desakan didalam angkutan umum dan mencium bau badan orang disekitar kita? Atau kalian bertemu teman yang bau badannya tidak enak, karena belum mandi? Pernahkah kalian terlintas dipikiran kenapa badan manusia bisa bau? oleh karena itu Tim Redaksi Bapera News akan memberikan penyebab bau badan hingga cara mencegah bau badan!

Penyebab Bau Badan pada Tubuh Manusia

Bau badan pada tubuh manusia disebabkan oleh bakteri yang hinggap di tubuh kita. Sebenarnya keringat itu sendiri tidak bau, ia dihasilkan oleh dua jenis kelenjar di badan kita, pertama kelenjar ekrin yang tersebar di seluruh tubuh. Kelenjar ini tugasnya menghasilkan larutan air dan garam yang fungsinya untuk mengatur suhu badan.

Jenis kelenjar yang kedua ialah kelenjar apokrin yang tugasnya menghasilkan larutan protein dan lemak di beberapa bagian tubuh manusia. Tetapi masalahnya di sinilah tempat bersemayamnya 1.000 jenis bakteri disetiap satu sentimeter kulit kita.

Baca Juga : Kebiasaan Sepele Ini Jadi Penyebab Utama Rusaknya Otak

Larutan lemak dan protein tadi dimakan oleh bakteri, lalu diproses jadi asam yang kemudian menimbulkan bau, yang baunya kemudian hinggap di hidung kita. Permukaan kulit yang dekat kelenjar apokrin itu ibarat restoran dan toilet yang jadi satu untuk bakteri pada tubuh manusia.

Di Asia timur ada juga orang dengan gen super karena badannya hampir tidak berbau.kebanyakan dari mereka badannya tidak berbau karena kekurangan gen ABCC11 yang fungsinya menghasilkan bau badan.

Bau badan pada tubuh manusia sendiri memiliki bau khas yang berbeda-beda. Faktor genetika ini mirip sidik jari, ciri khasnya berbeda-beda untuk setiap orang.

Apakah bau badan bisa hilang pada tubuh manusia? Sayangnya kelenjar keringat kita akan terus aktif selama kita hidup, artinya adalah bau badan tidak bisa hilang dari tubuh manusia.

Cara mencegah Bau Badan Pada Tubuh Manusia:

  1. Bau badan hanya dapat disembunyikan menggunakan deodorant.
  2. Pakai parfum.
  3. Hindari makanan-makanan.yang dapat menimbulkan bau badan.

Jadi untuk kalian yang merasa bau badannya 'Kurang sedap' kalian bisa mencegah bau badan tersebut dengan cara beli deodoran dan rajin mandi setiap hari.

Baca Juga : Apakah Berbahaya Telan Permen Karet Secara Tak Sengaja?