Baru Pertama Kali Kunjungi IKN, AHY Terpukau atas Mimpi Besar Jokowi

AHY menjelaskan, "Kesan pertama, saya terpukau dengan apa yang menjadi mimpi besar Bapak Presiden RI Jokowi dan kita semua untuk menghadirkan pusat pemerintahan."

Baru Pertama Kali Kunjungi IKN, AHY Terpukau atas Mimpi Besar Jokowi
Baru Pertama Kali Kunjungi IKN, AHY Terpukau atas Mimpi Besar Jokowi. Gambar : Instagram/agusyudhoyono

BaperaNews - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada Rabu (28/2/2024) dan menyampaikan keterkagumannya terhadap pembangunan megaproyek tersebut.

AHY datang bersama Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni, melakukan perjalanan darat dari Kota Balikpapan, dan singgah di Kodam VI Mulawarman untuk menyerahkan sertifikat lahan untuk Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selanjutnya, mereka melanjutkan perjalanan ke Titik Nol Nusantara, di mana AHY langsung menandai tonggak pertama di sana.

Dalam kunjungannya, AHY Sebagai Menteri ATR/BPN diterima oleh para Deputi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) serta pihak terkait dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta para kontraktor yang terlibat dalam pembangunan IKN.

Baca Juga : Gibran Rakabuming Temui AHY di Kediamannya, Minta Restu Demokrat?

Dalam keterangannya, AHY menyatakan keterpukaunya dengan visi besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mewujudkan IKN sebagai pusat pemerintahan yang diharapkan menjadi pusat kemajuan bangsa dan peradaban Nusantara.

AHY menjelaskan, "Kesan pertama, saya terpukau dengan apa yang menjadi mimpi besar Bapak Presiden RI Jokowi dan kita semua untuk menghadirkan pusat pemerintahan."

Menyikapi proyek besar ini, AHY menekankan pentingnya koordinasi antarpihak terkait. Dia menyatakan bahwa pembangunan IKN adalah mahakarya yang membutuhkan kerja keras dan koordinasi yang baik.

AHY juga mengapresiasi upaya Kementerian ATR/BPN yang telah berkoordinasi dengan OIKN serta memastikan kelancaran proyek ini.

AHY menjelaskan bahwa hingga saat ini, Kementerian ATR/BPN telah menyelesaikan 9 rencana detail tata ruang (RDTR) IKN dan telah menuntaskan 10 dari 21 paket pengadaan tanah.

Dia berharap upaya ini dapat mendukung pengembangan kawasan IKN secara keseluruhan, tidak hanya sebagai pusat pemerintahan tetapi juga sebagai lokasi pendukung strategis lainnya.

Kunjungan AHY ke IKN juga mencakup peninjauan langsung lokasi gedung pusat pemerintahan dan perumahan jabatan menteri yang akan berada di IKN.

Dengan demikian, kunjungan ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mewujudkan visi besar pembangunan IKN sebagai pusat pemerintahan yang maju dan berdaya saing.

Baca Juga : Temui Tokoh Nduga, Menko Polhukam Akan Bahas Pembebasan Pilot Susi Air