Airlangga Hartarto Resmikan Kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark

Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto meresmikan wajah baru Kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark.

Airlangga Hartarto Resmikan Kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark
Airlangga Hartarto resmikan kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark. Gambar : Detik.com

BaperaNews - Pada hari Senin (06/02) lalu, Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI meresmikan wajah baru kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark.

Kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark yang berlokasi di jalan Ki Hajar Dewantara No 19 Jebres, Surakarta tersebut dikatakan akan menjadi pusat kolaborasi dengan ekosistem teknologi yang mumpuni di Jawa Tengah.

Airlangga Hartarto berharap dengan adanya kasawan Sains dan Teknologi di Solo Technopark ini mampu menciptakan start up, kemudian juga dapat memperkuat kolaborasi lintas sektor serta multistakeholders, dan juga dapat menjadi solusi inovatif guna memenuhi kebutuhan teknologi untuk semua.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pun menjelaskan bahwa kini kota Surakarta memiliki peran strategis dan menjadi kota industri kecil menengah, kota jasa dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, serta tentunya pertumbuhannya dapat mencapai 5,8%. Keberadaan Solo Technopark ini akan menjadi salah satu ikon bagi talenta-talenta kreatif.

Dengan adanya pembaruan kawasan ini menjadikan Solo Technopark sebagai ikon dan landmark Kota Solo, yang diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kompetisi sumber daya manusia, khususnya mempersiapkan putra - putri daerah menuju persaingan era teknologi.

Diketahui, revitalisasi Solo Technopark ini menghadirkan berbagai fasilitas baru, seperti lapangan basket dan futsal untuk berolahraga, Gedung Sembrani dan Gumarang sebagai pusat inovasi, dan boulevard air mancur yang menjadi area komunal terbuka.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran Rakabuming selaku Wali Kota Surakarta berharap dengan hadirnya fasilitas baru di Solo Technopark ini dapat menjadikan Kota Solo semakin berdaya saing global melalui inovasi dan teknologi.

Gibran Rakabuming menyampaikan bahwa sebagai salah satu smart city di Indonesia, kota Solo siap untuk mempersiapkan putra - putri daerah untuk menuju era digital. Pihaknya akan mewujudkannya melalui pendirian Solo Technopark pada tahun 2014, yang saat ini kawasan tersebut telah berkembang menjadi kawasan Sains dan Teknologi terpadu, serta menjadi pusat pengembangan inovasi se-Jawa Tengah.

Baca Juga : Airlangga Hartarto Optimis Perekonomian Indonesia Akan Tetap Tumbuh Positif

Sebagai informasi, sebelumnya pada Senin (23/01) lalu, Presiden RI Joko Widodo juga telah meninjau langsung persiapan peresmian Solo Technopark. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Yudit Cahyantoro selaku Pemimpin BLUD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark.

Yudit Cahyantoro menjelaskan bahwa Jokowi memberikan apresiasi yang sangat baik untuk kawasan Solo Technopark ini, dan ia berharap dengan adanya Solo Technopark dapat menjadi role model nasional techno park di Indonesia.

Selain itu, Jokowi juga berharap kedepannya kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark ini dapat menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia berstandar internasional, serta mampu menjadi penggerak ekonomi daerah melalui berbagai kegiatan inovatif dan Solo Technopark telah menjadi rumah inovasi dan teknologi melalui kolaborasi strategis. 

Di sisi lain, Yudit Cahyantoro menjelaskan dengan adanya sejumlah fasilitas terbaru, Solo Technopark dapat menjadi ruang terbuka yang memiliki ekosistem mumpuni dan fungsional, tidak hanya dimanfaatkan sebagai area untuk bersosialisasi, namun juga dapat dimanfaatkan oleh warga Solo dan sekitarnya sebagai tempat untuk berinovasi melalui teknologi.

Masyarakat umum dapat berkunjung serta menggunakan berbagai fasilitas baru yang telah tersedia secara gratis di Boulevard Air Mancur, lapangan basket dan futsal untuk berolahraga.

Baca Juga : Harga Tiket Cimory Dairyland, Kini Beli Tiket Bisa Cashless!