Whatsapp Uji Coba Fitur Screen Sharing Buat Presentasi

Whatsapp sedang uji coba fitur untuk bisnis dan konten berupa berbagi atau sharing layar di panggilan video yang bisa dipakai bak rapat di aplikasi Zoom. Simak selengkapnya!

Whatsapp Uji Coba Fitur Screen Sharing Buat Presentasi
Whatsapp Uji Coba Fitur Screen Sharing Buat Presentasi. Gambar : Unsplash/Mourizal Zativa

BaperaNews - Whatsapp terus memperbanyak fiturnya di semua bidang mulai dari konten, privasi hingga bisnis.

Sebelumnya Whatsapp merilis fitur terkait privasi yang bernama Chat Lock untuk mengunci pesan agar tidak dilihat oleh pengguna lain. Kini Whatsapp sedang uji coba fitur untuk bisnis dan konten berupa berbagi atau sharing layar di panggilan video yang bisa dipakai bak rapat di aplikasi Zoom.

Fitur Whatsapp Screen Sharing ini ditujukan untuk orang-orang yang terbiasa melakukan video konferensi, agar bisa melakukannya hanya dengan Whatsapp tanpa bantuan aplikasi lain, dengan fitur ini, orang yang ada di video konferensi bisa melihat tampilan layar, penerapan bisa dipakai untuk presentasi.

Pembaruan baru diluncurkan di program Google Play Beta versi 2.23.11.19 berupa penempatan tab di navigasi bawah dan tersedia untuk uji beta. Fitur tersedia di penguji beta yang telah menginstal pembaruan Whatsapp versi terbaru untuk ponsel Android 2.23.11.19. 

Baca Juga : Simple! Begini Cara Gunakan Fitur Chat Lock WhatsApp

Di tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo, terungkap pengguna akan diminta membagikan layar ketika mengetuk ikon baru di tampilan panggilan. Ketika membagikan layar, semua yang ada di layar akan direkam dan ditunjukkan pada pengguna lain atau penerima panggilan. Namun diperkirakan fitur hanya bisa dinikmati oleh Android terbaru, tidak untuk Android lama.

Berbagi layar juga disebut tidak bisa berfungsi di panggilan grup dengan banyak peserta, penerima juga tidak bisa mendapatkan konten Whatsapp Screen Sharing jika ia masih memakai aplikasi Whatsapp versi lama.

Kontrol secara penuh dimiliki pengunggah layar, bisa dihentikan proses tampilan layarnya kapan saja. Fitur Whatsapp Screen Sharing hanya bisa aktif ketika memberi persetujuan untuk membagi konten layar.

Bagi pengguna yang telah update terbaru versi Android 2.23.11.19 mungkin akan melihat suatu perubahan kecil di navigasi bawah aplikasinya dimana ada menu untuk opsi merekam dengan Whatsapp.

Untuk mulai berbagi dengan fitur ini cukup tekan tombol “Mulai Sekarang” di menu Whatsapp Screen Sharing tersebut yang memungkinkan pengguna bisa langsung berbagi layarnya ketika sedang melakukan panggilan video di Whatsapp. Berhenti berbagi layar bisa dilakukan kapanpun dengan menekan tombol mengakhiri berbagi layar.

Fitur Whatsapp Screen Sharing masih tahap uji coba dan baru bisa dipakai di beberapa penguji beta, jadi untuk pengguna secara umum masih harus menunggu sampai beberapa pekan ke depan. Tunggu informasi rilisnya dari WhatsApp nanti ya!

Baca Juga : Tak Laku, Youtube Bakal Berhentikan Fitur Youtube Stories