WhatsApp Rilis Fitur Baru, Mudahkan Admin Kelola Anggota Grup

Aplikasi pesan instan, WhatsApp mengumumkan dua fitur terbarunya berkaitan dengan akses grup, salah satunya adalah memungkinkan admin grup WhatsApp mengontrol anggota grup.

WhatsApp Rilis Fitur Baru, Mudahkan Admin Kelola Anggota Grup
Fitur Baru WhatsApp. Gambar : Pexels.com/Dok. Anton

BaperaNews - WhatsApp mengumumkan dua fitur terbarunya berkaitan dengan akses grup. Salah satu fitur baru Whatsapp memungkinkan admin grup WhatsApp mengontrol peserta grup, mengatur siapa saja yang boleh gabung di dalam grup.

WhatsApp mengumumkan fitur baru Whatsapp tersebut di blognya, menyampaikan ingin memberi kendali lebih luas kepada admin grup untuk memastikan grup memiliki privasi untuk anggotanya, sebab itu admin grup diberi keleluasaan untuk memilih siapa saja yang boleh dimasukkan ke grup.

Jika admin grup WhatsApp membagi link undangan grupnya atau membuat grupnya bisa menerima anggota komunitas, admin kini bisa mengakses seluruh permintaan untuk tergabung di sebuah grup di satu tempat.

Admin grup WhatsApp bisa memberi tanda centang untuk menerima permintaan dari pengguna lain agar gabung ke suatu grup atau klik tanda silang (X) untuk menolaknya.

“Grup ialah tempat yang paling banyak menjadi lokasi percakapan intim dari pengguna dan percapakan penting lainnya, maka admin dengan mudah bisa menentukan siapa yang boleh atau tidak boleh masuk ke dalam grup” bunyi pernyataan resmi WhatsApp di blognya pada Kamis (23/3).

WhatsApp juga menyebut akan memudahkan pengguna mengetahui grup mana saja yang ia ikuti bersama pengguna lain, atau grup yang sama yang juga diikuti oleh rekannya.

Baca Juga : WhatsApp Buat Fitur Baru, Bisa Keluar Grup Pakai Jadwal

Aplikasi pesan instan dari Meta ini membuat pengguna bisa mencari berdasarkan nama kontak untuk mengetahui di grup mana saja mereka sama-sama tergabung.

“Apa kalian mencoba untuk mengingat nama grup yang telah kalian bagikan ke seseorang, atau kalian hanya ingin melihat grup yang sama-sama telah diikuti, maka kalian bisa melakukannya dengan mudah dengan mencari nama kontaknya untuk mengetahui kesamaan grup” lanjut WhatsApp.

Dua fitur baru Whatsapp ini diluncurkan tidak lama setelah WhatsApp merilis fitur Komunitas yang merupakan gabungan dari beberapa grup dalam satu wadah.

Komunitas memberi banyak fitur baru pula untuk adminnya, yakni memberi dukungan untuk membuat sub grup dan pengumuman grup, membuat panggilan telepon dan panggilan video dengan peserta maksimal 32 orang, berbagi file dengan ukuran lebih besar, dan lainnya.

Dua fitur baru WhatsApp terkait privasi grup ini akan muncul bertahap dalam beberapa minggu ke depan, akan bisa dipakai oleh seluruh pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Jadi Anda para pengelola admin Grup WhatsApp akan lebih mudah untuk mengatur privasi dan mengelola anggota.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp: Bisukan Nomor Tak Dikenal