WhatsApp Rilis Fitur Baru "Anti Blokir", Pengguna Bisa Pakai WA Saat Internet Diblokir

WhatsApp mengeluarkan fitur baru "anti blokir", fitur tersebut memungkinkan pengguna masih dapat pakai WA meski internet diblokir. Berikut cara pakai WhatsApp saat internet diblokir!

WhatsApp Rilis Fitur Baru "Anti Blokir", Pengguna Bisa Pakai WA Saat Internet Diblokir
WhatsApp rilis fitur baru Anti Blokir. Gambar : unsplash.com/Dok. Mourizal Zativa

BaperaNews - WhatsApp (WA) punya fitur baru, anti blokir. Fitur anti blokir di WhatsApp tersebut memungkinkan pengguna tetap bisa memakai WA melalui proxy meski akses internet terbatas dalam kondisi tertentu, misalnya ketika diblokir oleh pemerintah.

“Kami serahkan kendalinya ke tangan orang-orang yang bisa pertahankan akses ke WA jika mereka terkendala atau diblokir” tulis WhatsApp (WA) di laman resminya.

“Memilih proxy yang memungkinkan Anda tetap terhubung ke WA dengan server yang disiapkan oleh organisasi dan sukarelawan seluruh dunia, didedikasikan untuk bisa membantu orang-orang berkomunikasi secara leluasa” imbuhnya.

Akses yang dilakukan melalui server berbeda dengan proxy, namun pesan yang dikirim dipastikan masih tetap terenkripsi end to end.

Sebelumnya WA menyebut aplikasi pesan instan ini dibuat tidak untuk digunakan dengan proxy atau VPN, namun kini pernyataan tersebut telah dihapus seiring dengan rilisnya dukungan proxy.

Dukungan proxy di WhatsApp (WA) diberikan kepada seluruh pengguna di dunia baik itu bagi pengguna WA di Android maupun di iPhone, tentunya, pengguna WA harus mengupdate dulu aplikasi WhatsApp-nya ke versi yang terbaru.

Fitur anti blokir di WhatsApp tersebut sengaja dirilis sebab Iran membatasi akses ke sejumlah aplikasi beberapa bulan lalu. Saat itu, WhatsApp (WA) mendapat informasi bahwa pengguna WhatsApp di Iran juga terbatas aksesnya, pihak WhatsApp pun menanggapi laporan tersebut dan kemudian mengusahakan agar pengguna WhatsApp tetap bisa mengakses WhatsApp.

Baca Juga : Fitur Baru Whatsapp "Accidental Delete" Kembalikan Chat Terhapus Selama 5 Detik

WhatsApp berharap tidak ada lagi pemblokiran aplikasi di tahun 2023 ini, terlebih jika itu dilakukan dengan melanggar hak asasi manusia.

“Pembatasan yang terjadi di Iran hingga berbulan-bulan mengingkari hak asasi manusia, membuat banyak orang tidak bisa mendapatkan bantuan darurat, meski batasan itu dilanjutkan, kami harap solusi ini bisa membantu semua orang dimanapun dan kapanpun mereka butuh bantuan komunikasi yang aman dan handal” tutup WhatsApp dalam pernyataan resminya.

WhatsApp saat ini telah diblokir di China, Vietnam, Iran, Korea utara, dan beberapa Negara lain. Pesan instan lain yakni Signal juga pernah diblokir di tahun 2021 lalu.

Pengguna kini tetap bisa pakai WA saat internet diblokir. Diharapkan fitur anti blokir di WhatsApp ini bisa bermanfaat, bisa membantu setiap orang menyampaikan pesan dalam kondisi apapun.

Penasaran bagaimana cara pakai WhatsApp saat internet diblokir? Berikut cara pakai WA saat internet diblokir yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News. Yuk Simak! 

Cara Pakai WhatsApp Saat Internet Diblokir :

  1. Update ke WA versi terbaru.
  2. Tekan ikon tiga titik, pilih Setting.
  3. Pilih Storage & Data, pilih Proxy.
  4. Aktifkan dan set Proxy.
  5. Atur alamat server Proxy dan save.
  6. Koneksi berhasil ditandai dengan adanya tanda centang.

Baca Juga : Apa Itu Fitur Direktori Bisnis Di WhatsApp? Bisa Bantu Usaha Lebih Maju!