WhatsApp Buat Fitur Baru "Komunitas", Apa Bedanya Dengan Grup WA?

WhatsApp meluncurkan fitur terbaru bernama "Komunitas" (WhatsApp Communities), fitur tersebut bisa menampung 5.000 anggota. Apa bedanya dengan grup WA? ini penjelasannya.

WhatsApp Buat Fitur Baru "Komunitas", Apa Bedanya Dengan Grup WA?
Perbedaan fitur komunitas dan grup di WhatsApp. Gambar : WhatsApp

BaperaNews - Platform pesan instan WhatsApp membuat fitur baru bernama "Komunitas" (WhatsApp Communities). Komunitas memungkinkan pengguna menyatukan beragam grup WA yang berbeda dalam satu tempat. Komunitas bisa dipakai untuk orang-orang dengan ketertarikan yang sama agar mereka bisa saling terhubung.

Fitur komunitas ini cocok untuk beragam kelompok, mulai dari sekolah, apartemen, perumahan, kantor, dan sebagainya. Satu komunitas bisa menampung sampai 50 grup WA sekaligus dengan 5.000 anggota di dalamnya.

Manajer Kebijakan Publik WA Indonesia Esther Samboh menyebut komunitas layaknya majalah dinding di sekolah. Bisa dimanfaatkan untuk mengumumkan atau menyebar informasi tertentu dari satu kelompok ke satu komunitas.

“Misalnya jika kita masuk ke sekolah kan ada istilahnya papan pengumuman, kalau di fitur admin dengan mudah bisa berikan pengumuman, jadi ini anggotanya bisa sampai 5.000 orang, tapi yang bisa posting hanya adminnya” jelas Esther Samboh.

Hanya admin yang bisa mengirim pesan ke komunitas. Isinya bisa pesan teks, foto, atau video dengan ukuran maksimal 2GB sekali kirim. Admin juga punya kuasa penuh untuk menghapus pesan yang dinilai tidak pantas.

Selain itu, komunitas punya fitur panggilan video dengan partisipan maksimal 32 orang sekali akses serta fitur polling dengan chat.

Baca Juga : WhatsApp Blokir Tangkapan Layar Di Pesan Sekali Lihat, Warganet Mengeluh

Cara Membuat Fitur Komunitas WhatsApp

Fitur komunitas WhatsApp ini disediakan secara bertahap untuk seluruh pengguna secara global. Pengguna di Indonesia juga sudah bisa memakai fitur ini dengan update ke versi terbaru.

Berikut Cara Buat Fitur Komunitas di WhatsApp:

  1. Klik ikon Komunitas di WA.
  2. Masukkan nama komunitas yang ingin dibuat beserta deskripsi singkat dan fotonya.
  3. Buat grup atau tambahkan dari grup yang telah ada.
  4. Grup dibuat secara default.

WhatsApp terus membuat fitur baru untuk kenyamanan pengguna, sebelumnya WhatsApp juga merilis fitur panggilan suara grup hingga 32 orang,  berbagi file lebih besar hingga 2 GB, reaksi emoji, hingga penonaktifan screenshot atau tangkapan layar pesan suara pada pesan sekali lihat.

WhatsApp saat ini menjadi salah satu platform pesan instan yang populer karena kemudahan dalam penggunaannya, juga semua layanan tersedia secara gratis. WA populer dipakai banyak orang baik untuk komunikasi pribadi, call center perusahaan dan kontak official, hingga menjadi media grup di tempat kerja dan lembaga lainnya.

Baca Juga : Fitur Privasi Terbaru WhatsApp, Diam - Diam Bisa Keluar Grup