WhatsApp Buat Fitur Baru, Bisa Keluar Grup Pakai Jadwal

WhatsApp kini membuat fitur baru yang memungkinkan penggunanya bisa mengatur lamanya waktu saat berada di suatu grup, maka pengguna bisa keluar dari grup dengan jadwal khusus yang dibuat.

WhatsApp Buat Fitur Baru, Bisa Keluar Grup Pakai Jadwal
WhatsApp buat fitur baru dengan bisa keluar grup pakai jadwal. Gambar : Pixabay.com/Dok. Geralt

BaperaNews - WhatsApp kini membuat fitur baru yang memungkinkan penggunanya bisa mengatur lamanya waktu ia berada di suatu grup, maka pengguna bisa keluar dari grup dengan jadwal khusus yang dibuat.

WhatsApp (WA) selama ini populer sebagai pesan instan baik itu untuk personal maupun bisnis. Pengguna selama ini bisa lebih mudah membagikan informasi atau komunikasi dengan orang-orang terdekat dengan membuat grup. Bukan hal yang tidak mungkin seseorang memiliki lebih dari 10 grup dengan beragam kontak dan aktivitas di dalamnya.

Dengan fitur grup, berkomunikasi dan berbagi konten dengan beberapa orang sekaligus jadi lebih mudah. Beberapa waktu lalu WhatsApp juga luncurkan fitur Community dimana fitur ini berisi beberapa kumpulan grup, tiap grup bisa disematkan dna terhubung pada satu komunitas.

Fitur community bermanfaat untuk aktivitas komunikasi dalam jumlah besar, misalnya di sebuah sekolah ada grup tiap kelas, grup per kelas itulah yang kemudian disatukan dalam satu community. Maka kepala sekolah atau pihak sekolah lebih mudah sampaikan suatu informasi kepada seluruh insan sekolah, tidak perlu sampaikan informasi per grup.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp: Bisukan Nomor Tak Dikenal

Meski grup bermanfaat, karena suatu hal kadang grup hanya dibutuhkan dalam waktu singkat, seringkali pengguna lupa menghapus grup ketika grup sudah tidak dibutuhkan lagi. Maka WA akan merilis fitur baru yang bernama fitur Expiring Group, dimana pengguna bisa mengatur masa kadaluarsa dari sebuah grup.

Fitur keluar grup pakai jadwal di WhatsApp ini bisa mengaturnya di menu 'Pengaturan Grup', misalnya dalam waktu, hari, minggu, atau tanggal tertentu. Pengguna juga bisa batalkan masa berlakunya jika tetap ingin pertahankan grup.

Tanggal kadaluarsa hanya berlaku untuk pengguna sendiri, tidak ke peserta lain, grupnya akan terus ada selama tidak dihapus, hanya pengguna yang akan keluar dari dalamnya.

Hal ini berkaitan dengan privasi pengguna, WA tidak akan menghapus grup begitu saja tanpa permintaan dari pengguna, deskripsi fitur Expiring Group menyebut “Anda diminta membersihkan grup di masa tanggal kadaluarsa”.

Sebagaimana ketika menghapus pesan yang sudah tidak dibutuhkan, menghapus grup secara terjadwal juga akan membantu membersihkan akun dan menghemat ruang simpan di dalam perangkat, mengurangi resiko perangkat lemot atau semacamnya.

Namun tetap saja keluar grup pakai jadwal di WhatsApp ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp iOS: Bisa Buka Aplikasi Lain Saat Video Call