Wanita Ini Alami Vitiligo Usai Bleaching Rambutnya

Renatha, wanita berusia 18 tahun, berbagi kisahnya setelah mengalami perubahan kulit dan rambut yang tidak diinginkan diduga akibat bleaching. Simak selengkapnya di sini!

Wanita Ini Alami Vitiligo Usai Bleaching Rambutnya
Wanita Ini Alami Vitiligo Usai Bleaching Rambutnya. Gambar : Kolase Tangkapan Layar TikTok/Renatha Devina Nathania

BaperaNews - Seorang wanita bernama Renatha Devina Nathania (18) mengungkapkan pengalamannya mengidap vitiligo setelah melakukan bleaching rambut. Kondisi tersebut membuat sebagian kulit di dahinya berubah warna menjadi putih, dan bahkan sebagian rambutnya juga ikut berubah warna.

Renatha mengungkapkan bahwa insiden tersebut terjadi pada bulan Desember 2021 ketika ia mencoba untuk mewarnai rambutnya. Sebelum proses pewarnaan, Renatha melakukan bleaching rambut sebanyak dua kali. Namun, cairan bleaching itu tidak sengaja mengenai kulit dahinya, dan ia tidak segera membersihkannya.

Menurut Renatha, obat yang digunakan pada saat itu bukanlah resep dari seorang dokter, melainkan rekomendasi dari seorang teman ibunya yang juga mengidap vitiligo. Namun, ternyata obat tersebut terlalu keras untuk kulit Renatha, dan ini menyebabkan munculnya vitiligo.

Baca Juga: Unik! Pasangan Lakukan Prewedding di Pabrik, Temanya Gadis Kretek

Ketika dihubungi, Renatha menjelaskan bahwa dokter yang memeriksanya tidak menampik kemungkinan bahwa bleaching rambut menjadi salah satu pemicu munculnya vitiligo. Namun, faktor genetik juga dianggap sebagai penyebab utama vitiligo yang diidapnya.

Meskipun tidak yakin apakah kondisi kulitnya bisa kembali seperti semula, Renatha saat ini menjalani treatment UVB untuk mengatasi vitiligo yang dialaminya. Treatment ini baru dilakukan sekali, dan ia berencana untuk melanjutkannya sebanyak 3-4 kali untuk melihat apakah ada perubahan dengan warna kulitnya tersebut.

Baca Juga: Pesan Terakhir Santri Banyuwangi yang Tewas Penuh Luka, Diduga Dianiaya Rekanya di Ponpes Kediri