Waduh! Situs PSE Di Incar Hacker, Kominfo Curhat Terima Jutaan Serangan Siber Per Hari

Kominfo akui terima puluhan juta serangan siber per hari di situs PSE, padahal situs PSE merupakan wadah informasi deretan aplikasi yang telah mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik.

Waduh! Situs PSE Di Incar Hacker, Kominfo Curhat Terima Jutaan Serangan Siber Per Hari
Waduh! Situs PSE Di Incar Hacker, Kominfo Akui Terima Jutaan Serangan Siber Per Hari. Gambar : pixabay.com/Dok. Geralt

BaperaNews - Diganggu hacker, Situs PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Lingkup Privat milik Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengalami puluhan juta serangan siber per hari. “Kami mengalami puluhan juta serangan, ini kan situs PSE informasi untuk masyarakat kok diserang. Inikan informasi untuk biar bisa dilihat, kita diserang puluhan juta per hari” ujar Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani di Jakarta hari Jumat 29/7.

Situs PSE Kominfo ialah platform untuk mengecek siapa saja aplikasi atau PSE yang sudah terdaftar di Kominfo, menurut Semuel, situs tersebut sempat dipulihkan namun tetap saja diretas setiap hari. “Benerin diserang lagi, benerin diserang lagi, ini kan informasi untuk masyarakat, informasi kepada media agar tahu siapa saja yang sudah daftar, itu masih aja digangguin, ya namanya juga resiko” imbuhnya.

Lebih lanjut, Semuel mengatakan saat ini situs PSE Kominfo masih perbaikan kembali, ia menghimbau agar masyarakat menjaganya sebagai layanan publik. “Memang sampai saat ini kami masih perbaiki, kami juga mohon bantuan kepada teman-teman karena ini ialah layanan publik yang bisa dipakai masyarakat untuk mendapat informasi” tuturnya.

Di situs PSE Kominfo memang terdapat kolom pencarian untuk mengetahui aplikasi mana saja yang sudah terdaftar, namun belakangan fitur pencarian tersebut mendadak hilang dan hanya bisa melihat halaman saja. “Nanti kita perbaiki, jika serangan sudah mereda akan kita kembalikan ke semula” tandasnya.

Semuel kemudian mengungkap ada 10 daftar platform besar yang belum terdaftar, dan akan diblokir hari ini Sabtu 30/7 jika tetap tidak mendaftar. “Kita tunggu sampai pukul 23.50 WIB” tegasnya.

Baca Juga : Perampok Bobol ATM Pakai Bom, Uang Pun Ikut Hangus Terbakar

Berikut 10 aplikasi besar yang belum mendaftar per Jumat 29/7 :

  1. e-commerce Amazon
  2. Pay Pall
  3. Yahoo search engine
  4. Bing search engine
  5. Dota game online
  6. GO counter strike
  7. Battlenet
  8. Origin
  9. Steam
  10. Epic games

“Kalau mereka tidak mendaftar pada pukul 23.59 WIB, sekali lagi saya minta maaf maaf kepada masyarakat untuk sementara mereka tidak bisa diakses dari Indonesia, itu yang saya kira ingin sampaikan” tutupnya.

Sebagai informasi, pendaftaran seharusnya diberi masa tenggat hingga 20 Juli namun masih ada juga yang belum mendaftar hingga hari ini.