Viral Video Polisi di Jambi Buka Pintu Sel Agar Tahanan Bisa Peluk Anaknya

Viral video mengharukan di media sosial seorang polisi di Jambi membuka pintu sel penjara dan mengizinkan tahanan memeluk putrinya.

Viral Video Polisi di Jambi Buka Pintu Sel Agar Tahanan Bisa Peluk Anaknya
Polisi di Jambi Buka Pintu Sel Agar Tahanan Bisa Peluk Anaknya. Gambar : Tangkapan Layar Twitter/@Heraloebss

BaperaNews - Viral video polisi buka pintu sel penjara untuk sementara agar salah satu tahanan di dalamnya bisa memeluk putrinya yang sedang menjenguknya. Awalnya tahanan tersebut sulit memeluk anaknya karena terpisah dengan jeruji besi.

Putri tahanan memeluk ayahnya dari luar penjara, sementara ayahnya berada di dalamnya. Putri tahanan itu memakai gaun putih merah dan ayahnya kaos hitam. Petugas yang berjaga kemudian membukakan pintu sel agar tahanan itu bisa memeluk putrinya dengan mudah.

Nampak wajah gadis kecil itu begitu bahagia bisa melihat ayahnya dari dekat, begitu juga ayahnya yang menjadi tahanan, langsung memeluk dan menggendong anaknya.

Peristiwa video polisi buka pintu sel penjara terjadi di Polsek Maro Sebo, Jambi pada Sabtu (25/3). Video diambil polisi yang membuka sel bernama Bripka Handoko yang juga sedang berjaga.

“Jadi video itu saya ambil di malam Sabtu (25/3). Saya awalnya tidak sengaja, saya saat itu sedang memeriksa tahanan lain” tutur Handoko.

Handoko kemudian merasa kasihan melihat ada seorang tahanan kesulitan memeluk putrinya, padahal menjadi seorang tahanan harus berada jauh dalam waktu lama dengan keluarganya. Tahanan itu bernama Aceng, dipenjara karena mencuri.

Baca Juga : Masih Ingat Emon? Pelaku Pencabulan 120 Anak, Kini Bebas Dari Penjara

Menurut Handoko, selama ini Aceng berperilaku baik di penjara, sehingga ketika ia ingin melepas rindu dengan anaknya, Handoko memberi keleluasaan.

“Itu tahanan namanya Aceng, ditahan karena mencuri. Selama ditahan ia berperilaku baik, bahkan pernah jadi imam ketika shalat berjamaah. Saya buka selnya karena merasa sedih, dia kelihatan ingin memeluk anaknya, akhirnya saya bukakan pintu selnya sebentar agar dia bisa memeluk anaknya dan itu juga dalam penjagaan petugas” pungkas Handoko.

Tanggapan Mabes Polri Terhadap Video Polisi Buka Pintu Sel Penjara

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut apa yang dilakukan Handoko tidak masalah, sebab Handoko tetap melakukan pengawasan pada tahanan yang bersangkutan.

“Nggak papa, prinsipnya tetap harus ada pengawasan. Tetap ada catatannya, kalau tidak membahayakan atau melarikan diri, dan juga tetap diawasi” jelas Ahmad.

Ahmad juga menjamin semua tahanan punya hak yang sama, yakni boleh dijenguk oleh keluarganya.

Warganet memberi apresiasi pada Handoko. “Panjang umur untuk pak polisi yang punya hati nurani” komentar seorang warganet.

Video polisi buka pintu sel penjara ini telah dilihat setidaknya 23 juta orang dan mendapat like dari 1,6 juta lebih pengguna TikTok.

Baca Juga : Briptu RF Ditemukan Tewas di Dalam Mobil Dinas, Diduga Bunuh Diri