Viral! Video Cobek Batu Saat Dipanaskan Keluar Hewan Belatung

Sebuah video cobek batu yang diunggah memperlihatkan keberadaan hewan kecil mirip belatung keluar dari cobek batu yang dipanaskan di atas kompor, membuat satu Chef beri tanggapan.

Viral! Video Cobek Batu Saat Dipanaskan Keluar Hewan Belatung
Video viral cobek batu yang dipanaskan keluar hewan Belatung. Gambar : Tangkapan Layar TikTok/@kesayanganvito

BaperaNews - Sebuah video yang diunggah di media sosial TikTok memperlihatkan hewan kecil mirip belatung keluar dari cobek dari bahan batu yang dipanaskan di atas kompor viral.

“Hai guys karena gue penasaran apa iya kalau batu dipanasin keluar belatung, ini udah gue panasin dan gue kaget banget. Kelihatan gak? Itu gerak-gerak. Beneran banget dong guys, banyak banget, dia keluar dari pori-porinya. Buat kalian yang nyoba hati-hati batunya meledak, ini panas” ujar pengunggah di TikTok.

Dalam video tersebut, Nampak sebuah cobek batu dipanaskan di atas kompor, kemudian keluar hewan kecil mirip belatung dari dalamnya. Beragam komentar warganet pun muncul bahkan sampai ada yang mengaku memecah cobeknya.

“Gw kemarin nyoba ga ada apa-apa sampai gw senterin”, “Alhamdulillah kemarin langsung coba meski cobekku kecil berongga ga ada belatungnya”, “gila masa ada belatung makanannya ga steril dong” komentar dari warganet di TikTok.

Pastry Chef The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta, Chef Zainal pun menanggapi video tersebut. Ia menerangkan bukan batunya yang menyebabkan ada belatung, namun karena kondisi kebersihannya atau tempat dimana cobek tersebut disimpan.

Baca Juga : Viral TikTok, Ini Arti Kata Cewek Kue, Cewek Mamba, Dan Cewek Bumi

“Batu itu kan benda padat, dan belatung bisa hidup di benda cair atau lembab, mungkin sebabnya bukan di batunya” ujarnya

Menurut Chef Zainal, salah satu sebab muncul belatung di cobek batu tersebut ialah karena ada genangan air atau sisa makanan di atas cobek yang kemudian membusuk dan membuat belatung berkembang biak. “Itu bikin belatung berkembang” imbuhnya.

Maka untuk mencegah hal itu terjadi, cobek harus dicuci sampai bersih, disimpan dalam posisi kering dan ditengkurapkan sehingga tidak beresiko lembab. Selain itu, cobek batu sebaiknya juga dicuci seminggu sekali dengan air panas yang ditambah sabun cuci piring dan jeruk nipis.

Ketika membersihkan cobek batu sehari-hari juga perlu diperhatikan, jangan sampai ada sisa kotoran.

“Cobek itu kan batu yang berongga, rongga sangat kecil, bisa jadi, jika disimpan di lokasi yang kurang bersih, ada sisa makanan karena kurang bersih saat dicuci, dan lainnya membuat lalat menempel, disitu lalat bertelur, dan jadilah belatung itu. Sebab itu kebersihan wajib dilakukan untuk cobek, begitu juga dengan alat masak lainnya seperti talenan dari kayu” jelasnya.