Viral Siswi SMA di Sampang Madura Melahirkan di Kelas Saat Ujian Semester

Viral seorang siswi SMA di Sampang Madura membuat gurunya terkejut, dirinya tiba tiba melahirkan di kelas saat ujian akhir semester.

Viral Siswi SMA di Sampang Madura Melahirkan di Kelas Saat Ujian Semester
Viral Siswi SMA di Sampang Madura Melahirkan di Kelas Saat Ujian Semester. Gambar : Kolase Ilustrasi Kreator Baperanews Via Canva/Dok.Jatim

BaperaNews - Seorang siswi kelas X tiba-tiba melahirkan di kelas pada saat ujian akhir semester. Kejadian ini terjadi pada Kamis, (30/11).

Dari informasi yang beredar, siswi tersebut telah hamil sejak masih duduk di bangku SMP. Wakasek Kesiswaan, Muhammad Nurchalid, menjelaskan bahwa siswi kelas X ini baru bersekolah di SMA setempat sekitar 5 bulan sejak Juli 2023.

Kejadian siswi melahirkan di kelas ini terungkap ketika suara tangisan bayi memecah heningnya ruang ujian, membuat para guru dan siswa lain terkejut.

Guru-guru yang bertugas saat itu segera mengamankan siswi tersebut dan membawanya ke Puskesmas Kamoning. Hamid.

Wakasek Humas di SMA Negeri tersebut, membenarkan insiden tersebut dan menyatakan bahwa kondisi siswi tersebut saat ini kritis karena ari-ari bayi tidak keluar dengan baik. Bayi perempuan tersebut dan siswi yang melahirkannya telah dirujuk ke RSUD Sampang.

Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Sampang telah memulai penyelidikan dan menjenguk siswi tersebut di RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang. Meski belum ada laporan resmi dari keluarga atau pihak sekolah, polisi bersikap cepat untuk menangani kasus ini.

Kondisi kehamilan ini tidak terdeteksi oleh guru-guru atau pihak sekolah, mengingat siswi SMA tersebut aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan bahkan mengikuti jam pelajaran olahraga tanpa kendala.

Gambar : Twitter/X/kegblgnunfaedh

Baca Juga : Tega! Siswi SD Ini Dibully Kakak Kelasnya, Dimaki hingga Kepala Ditoyor

Meskipun kejadian ini menyedot perhatian, pihak sekolah tetap menjalankan Penilaian Akhir Semester (PAS) sesuai jadwal. Kepala Sekolah, Sukardi, memastikan bahwa ujian berjalan kondusif, hanya saja ruangan yang menjadi lokasi persalinan tidak digunakan. Ini disebabkan oleh upaya pembersihan bercak darah di lantai yang belum optimal.

Ujian tersebut tetap berjalan sebagai penilaian akhir semester untuk menentukan nilai siswa dan kelayakan kenaikan kelas. 

Pihak kepolisian, melalui Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Sampang, telah melakukan langkah awal penyelidikan.

Penyidik-penyidik tersebut menjenguk siswi yang sedang dirawat di RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang dan melakukan pemeriksaan terhadap siswi dan keluarganya. Meski belum ada laporan resmi, kepolisian menegaskan bahwa peristiwa ini menyangkut kemanusiaan dan membutuhkan penanganan serius.

Salah satu penyidik UPPA, Aipda R. Sukardono Kusuma, menyatakan bahwa penyelidikan telah dimulai sejak semalam dan melibatkan pihak sekolah serta Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Sampang.

Meskipun keterangan dari siswi yang bersangkutan belum dapat diambil karena kondisinya yang masih sakit, polisi telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa saksi-saksi, terutama dari pihak sekolah.

Baca Juga : Mahasiswi UNEJ Keciduk Ngamar Bareng Pria Beristri yang Hamil 7 Bulan