Vaksin mRNA Diresmikan, Jokowi: Saya Senang Kerja Diam Tapi Jadi

Vaksin mRNA baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi, ia merasa senang karena Indonesia berhasil membuat sendiri vaksin di dalam negeri.

Vaksin mRNA Diresmikan, Jokowi: Saya Senang Kerja Diam Tapi Jadi
Vaksin mRNA baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi, ia juga merasa senang karena Indonesia berhasil membuat sendiri vaksin di dalam negeri. Gambar : Pixabay.com/Dok. HakanGERMAN

BaperaNews - Presiden Jokowi baru-baru ini meresmikan Pabrik Farmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia yang membuat vaksin mRNA, Jokowi memberi apresiasi pada pabrik tersebut karena berhasil membuat sendiri vaksin di dalam negeri.

Sebelumnya kabar tentang vaksin mRNA tidak terdengar, tiba-tiba sudah jadi dan diresmikan. Jokowi merasa senang dengan sistem kerja tersebut.

“Saya senang kerja diam tapi jadi, bukan ngomong terus tapi enggak jadi” ujarnya. “Kerja senyap tapi ada hasil” Jokowi lebih suka, daripada yang banyak bicara namun ternyata tidak ada hasilnya.

“Dan saya senang ini, kerjanya diam-diam, saya sendiri tidak tahu, tahu-tahu sudah jadi. Ini yang saya senangi kayak gini, bukan yang ngomong terus tapi saya tunggu-tunggu kok enggak jadi-jadi, ini diam langsung jadi, itu yang saya senang” ujarnya Jumat (7/11) di acara sambutan peresmian.

Vaksin mRNA sendiri ialah vaksin Covid-19 buatan anak bangsa, merupakan vaksin yang memiliki kandungan berbeda dari merk vaksin lain yang sudah ada. Vaksin biasanya memiliki kandungan virus yang telah dilemahkan, namun vaksin mRNA berbeda, dibuat dengan teknologi baru dari komponen genetic yang direkayasa agar mirip virus tertentu.

Baca Juga : BLT Ibu Hamil Cair Bulan Ini, Simak Syarat Hingga Total Bantuan Yang Disalurkan!

Sehingga bisa memberi reaksi kekebalan pada tubuh layaknya virus asli yang dilemahkan.  Jokowi senang ada vaksin dengan varian baru bisa diproduksi di dalam negeri.

“Saya sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh PT Etana Biotechnologies Indonesia yang telah memproduksi vaksin dengan platform mRNA dan ini adalah yang pertama di Asia Tenggara” imbuhnya.

Dengan demikian, lanjut Jokowi, Indonesia akan siap jika suatu hari kembali terjadi kenaikan angka kasus Covid-19 karena vaksin mRNA bisa diuji klinis dalam waktu cepat.

“Kita tidak mau pandemi muncul lagi, tapi kalau di dalam negeri sudah siap industrinya, paling tidak jadi lebih tenang. Karena tadi disampaikan oleh Pak Nathan Direktur Utama PT Etana Biotechnologies bahwa dalam dua bulan sudah masuk uji klinis, sangat cepat sekali” pungkasnya.

Acara peresmian juga dihadiri oleh Menko Marives Luhut Binsar dan Menkes Budi Gunadi. Masyarakat pun kemudian bertanya-tanya siapa yang dimaksud Jokowi kerja banyak omong, ditunggu-tunggu tapi ternyata tidak kunjung ada hasil. Jokowi senang dengan mereka yang bekerja dengan hasil nyata, tak perlu banyak bicara, kerja diam-diam, tapi ada hasil.

Baca Juga : BPOM Temukan 718.791 Vitamin Ilegal Di E-Commerce Selama Pandemi Covid-19