Uang Tabungan Haji Penjaga SD Berhasil Ditukarkan Bank Indonesia

Uang Tabungan Haji milik Samin seorang penjaga SDN Lojiwetan, Solo akhirnya berhasil ditukarkan dengan bantuan Bank Indonesia.

Uang Tabungan Haji Penjaga SD Berhasil Ditukarkan Bank Indonesia
Uang tabungan haji penjaga SD berhasil ditukarkan di Bank Indonesia. Gambar : Dok. BI Solo

BaperaNews - Uang Tabungan Haji milik Samin (52) seorang penjaga SDN Lojiwetan, Solo akhirnya berhasil ditukarkan dengan bantuan Bank Indonesia. Potongan uang yang hancur dimakan rayap berhasil disusun kembali dengan jumlah Rp 20.220.000. 

Samin dan sang istrinya bisa bernafas lega dan terlihat tersenyum kala uang tabungan Haji miliknya berhasil disusun kembali untuk ditukarkan ke Bank Indonesia.

Dalam penyusunan uang dari tabungan Haji tersebut, Samin (Penjaga SD) dan sang istri bahkan dibantu oleh enam pegawai Bank Indonesia Solo. Bahkan para pegawai BI sampai rela membantu menyusun uang Samin di kediamannya hingga pukul 22:30 WIB malam.

Pada malam tersebut, uang tabungan untuk Haji berhasil terkumpul dan diselamatkan sebanyak Rp 10.310.000 dan dimasukan kedalam kardus dengan segel Bank Indonesia. Sehari sebelumnya, penjaga SD tersebut berhasil merangkai kembali uang sejumlah Rp 9.910.000. 

Total uang yang berhasil dirangkai menjadi Rp 20.220.000.

Baca Juga : Kisah Pilu Lansia: Uang Tabungan Haji Habis Dimakan Rayap

Samin Langsung Tukar Uang Baru di Bank Indonesia

Setelah berhasil merangkai uang tabungan Haji miliknya, Samin dan istrinya langsung bergegas menuju Kantor Bank Indonesia Solo untuknya.

Pengaja SD ini membawa tiga kardus uang, satu kardus berisikan sisa kertas uang yang tidak bisa dirangkai dan tak memenuhi syarat 2/3 bagian. Dua kardus lainnya berisi uang dimakan rayap yang telah berhasil disusun.

Kedatangan Samin dan Istri langsung disambut Nugroho Joko Prastowo, selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo.

Bank Indonesia kemudian menerima rangkaian uang yang memenuhi syarat 2/3 bagian dan menukarkannya dengan uang baru, yakni uang emisi tahun 2022.

"Potongan - potongan kertas uang tadi yang memenuhi syarat 2/3 dari luasan lembaran itu sebanyak Rp20.220.000,” ungkap Joko di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, pada Kamis (15/9).