Turkey Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye Sejak Surat Diterima PBB

Nama Turkey resmi diubah menjadi Turkiye sejak surat pengajuan diserahkan Negara tersebut ke PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) per 1 Juni 2022.

Turkey Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye Sejak Surat Diterima PBB
Turkey Resmi Ganti Nama Jadi Turkiye Sejak Surat Diterima PBB. Gambar : Unsplash.com/Dok. Meg Jerrard

BaperaNews - Nama Turkey resmi diubah menjadi Turkiye sejak surat pengajuan diserahkan Negara tersebut ke PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) per 1 Juni 2022. Jubir Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guteres mengkonfirmasi penerimaan surat tersebut pada hari Rabu 1 Juni 2022. “Pergantian nama dilakukan sesegera mungkin” ujar Stephane Dujarric dari Anadolu Agency.

Sedangkan di website resmi PBB, nama Turkey sudah diganti menjadi Turkiye. Nama ini dipilih oleh Presiden Turkey, Recep Tayyip Erdogan untuk pergaulan resmi global karena dieja dan ditulis dalam bahasa Turkey.

Turkey sebelumnya mendeklarasikan diri sebagai Turkiye pada tahun 1923 setelah memerdekakan diri. Pada tahun 2021, Erdogan juga memerintahkan untuk menggunakan kata Turkiye karena dinilai lebih bagus dalam mempresentasikan nilai dan budaya Turkey, serta memerintahkan untuk menulis Made in Turkiye, bukan Made in Turkey.

“Turkiye sebagai nama baru digunakan di nasional dan internasional” ujarnya kala itu. Turkiye ialah representasi dan ekspresi yang terbaik dari peradaban, budaya, dan nilai-nilai rakyat Turkey.

Dalam bahasa Inggris, istilah Turkey punya sejumlah arti, jika membuka kamus Cambridge, Turkey diartikan sebagai sesuatu yang gagal atau orang yang bodoh atau konyol.

Baca Juga : Politikus India Hina Nabi Muhammad, Negara-Negara Arab Murka Hingga Boikot Produk

Selain itu, jika menelusuri kata Turkey di internet, maka tidak hanya bendera dan Negara Turki saja yang muncul , namun juga gambar dan artikel tentang burung kalkun dimana dalam bahasa Inggris, burung kalkun disebut dengan Turkey. Sebab itulah, nama Turkey atau Turki tersebut dinilai bisa merugikan citra bangsa, dan akhirnya diputuskan untuk mengganti menjadi Turkiye.

Sejumlah kementerian di Turki kemudian memakai nama Turkiye dalam dokumen resminya, di awal tahun 2022 ini, pemerintah Turki juga sempat merilis video promosi sebagai bentuk penginformasian pengubahan nama mereka dalam bahasa Inggris.

Video tersebut berisi ajakan untuk para turis seluruh dunia agar mengucapkan Halo Turkiye di sejumlah destinasi wisata terkenal Negara tersebut untuk mulai membiasakan, kini, perubahan nama sudah diresmikan, jadi mulai saat ini, kita bisa menyebut Negara tersebut dengan Turkiye, bukan lagi Turki atau Turkey.

Sejak perubahan nama ini diumumkan, sejumlah media internasional pun serentak memakai nama Turkiye untuk menyebut Turki, diantaranya ialah Greek City Times, France 24, Canbera Times, dan Al Jazeera.