Trofi Thomas Cup Akhirnya Tiba di Indonesia

Piala Thomas Cup tiba di Indonesia, prosesi kedatangannya digelar PBSI di Jakarta, pada Jumat (5/10) 2021

Trofi Thomas Cup Akhirnya Tiba di Indonesia
Piala Thomas Cup tiba di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (5/11/2021). Gambar : PBSI

BaperaNews - Pada hari Jumat (05/11/2021) petang WIB, Trofi Thomas Cup akhirnya tiba di Indonesia. Kabar terkait hal tersebut dipublikasikan langsung oleh PBSI melalui akun media sosial Instagramnya.

Adapun prosesi kedatangan trofi Thomas Cup 2020 (2021) digelar PBSI di Jakarta, pada Jumat (05/11/2021) petang WIB.

Diketahui, trofi tersebut dikirim langsung oleh Federasi Bulutangkis Indonesia (BWF) di markasnya yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia.

Trofi tersebut pun langsung diserahkan oleh Sudarto Adinagoro yang merupakan Kabid Pengembangan Daerah PP PBSI kepada 2 perwakilan pemain Indonesia yang tampil di ajang Thomas Cup yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan juga Jonatan Christie serta manajer tim Eddy Prayitno di Pelatnas Cipayung.

Sebagai informasi, akhirnya tim Indonesia mampu mengakhiri penantian panjang selama 19 tahun dengan berhasil menjuarai ajang Thomas Cup 2020 (2021).

Dalam rilis PBSI, Jonatan Christie menyampaikan bahwa ia sangat senang karena tim Indonesia berhasil merebut Piala Thomas di Aarhus, Denmark dan dapat kembali ke Tanah Air. 

Kemudian Jonatan pun melanjutkan bahwa ia berharap semoga kedepannya dapat memotivasi dan memberi semangat kepada teman-teman, khususnya untuk para pemain junior, agar dapat mempertahankan piala tersebut di kejuaraan mendatang.

Dalam perjalanan untuk mendapatkan piala tersebut, tim Indonesia berhasil menyapu bersih 3 pertandingan fase grup, 1 pertandingan perempat final, 1 pertandingan semifinal dan final Thomas Cup dengan kemenangan.

Pada 9 Oktober 2021, tim Indonesia berhasil mengawali Thomas Cup 2020 (2021) dengan kemenangan telak 5-0 atas Aljazair di laga perdana Grup A.

Setelah itu, Indonesia pun terus melanjutkan tren positif mereka dengan berhasil mengalahkan lawan terkuat yang ada di Grup A yaitu Thailand dengan skor 3-2 pada laga kedua.

Kemudian di laga terakhir Grup A, Indonesia berhasil mengalahkan tim Taiwan dengan skor 3-2. Tim Indonesia pun berhasil melaju ke babak perempat final dengan status juara Grup A setelah berhasil meraih 3 kemenangan.

Pada babak perempat final, tim Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0 dalam pertandingan yang berlangsung pada 15 Oktober 2021.

Indonesia berhasil menyapu bersih 3 pertandingan melawan tim Malaysia dengan kemenangan melalui Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon, dan Jonatan Christie.

Kemudian di babak semifinal yang berlangsung pada hari Sabtu (16/10/2021), tim Indonesia berhasil mengalahkan tuan rumah Denmark dengan skor 3-1.

Sempat tertinggal di partai pertama usai Anthony Sinisuka Ginting mengalami kekalahan atas Viktor Axelsen, tim Indonesia pun berhasil bangkit kembali dan menyapu bersih 3 partai selanjutnya dengan kemenangan.

Tim Indonesia berhasil menang lewat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Terakhir di babak Final Thomas Cup, tim Indonesia berhasil menang telak atas China dengan skor 3-0 di pertandingan yang diselenggarakan pada 17 Oktober 2021.

Di babak final, Indonesia berhasil mengalahkan tim China melalui tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan terakhir tunggal putra  Jonatan Christie. Atas kemenangan 3-0 atas China tersebut membuat Indonesia berhasil menjuarai ajang Thomas Cup 2020.

Sementara itu, untuk acara prosesi penerimaan trofi Thomas Cup ini tidak dapat dihadiri oleh semua skuad Thomas Cup karena beberapa pemain saat ini sedang tampil di Hylo Open 2021 yang diselenggarakan di Jerman. Sedangkan untuk Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie sedang berada di Indonesia untuk pemulihan cedera.