Tragedi Kerusuhan Sepakbola di El Salvador: 9 Orang Tewas

Sebanyak 9 orang tewas akibat terinjak-injak dalam tragedi kerusuhan sepakbola di El Salvador.

Tragedi Kerusuhan Sepakbola di El Salvador: 9 Orang Tewas
Tragedi Kerusuhan Sepakbola di El Salvador. Gambar : AP/Dok. Milton Flores

BaperaNews - Kerusuhan di laga sepakbola terjadi di El Salvador. Sedikitnya 9 orang tewas setelah terinjak-injak di sebuah stadion sepakbola El Salvador yang berlokasi di San Salvador. Polisi setempat menyebut korban tewas ialah 7 pria dan 2 wanita semuanya berumur di atas 18 tahun.

Kerusuhan sepakbola di El Salvador bermula ketika terjadi laga tim lokal klub Alianza dan Fas yang berbasis di Santa Ana Stadion Monumental, El Salvador.

Laga belum selesai ketika kerusuhan sepakbola di El Salvador terjadi, laga terpaksa dihentikan akibat insiden ini.

Sejumlah besar penggemar mencoba masuk ke venue padahal gerbang sudah ditutup, membuat aksi penyerbuan dan kepanikan terjadi di dalam dan di luar stadion.

Laga yang dilaksanakan ialah laga perempat final divisi utama sepakbola negara itu, sejumlah rekaman kejadian menunjukkan penggemar beramai-ramai merobohkan barikade yang jadi penutup pintu masuk stadion. Para penonton di luar stadion memaksa masuk.

“Penggemar menyerbu gerbang. Beberapa masih berlindung di bawah terowongan, yang lain berhasil masuk ke tribun dan masuk ke lapangan lalu mereka tertahan” tutur seorang petugas penyelamat.

Baca Juga : Tidak Dihargai, Perenang Senior Pergi dari Pawai SEA Games

Presiden El Salvador Nayib Bukele meminta polisi melakukan penyelidikan secara menyeluruh atas semua yang terjadi di balik tindakan kericuhan laga sepakbola ini.

“Siapapun pelakunya mereka tidak boleh luput dari hukuman” tutur Nayib.

Sekretaris Pers El Salvador Buleke juga mengungkap ada 2 korban berada dalam kondisi kritis dan dirujuk ke RS San Rafael akibat insiden ini. Kedua korban berada di dalam stadion ketika kejadian.

Sejumlah gambar kejadian yang beredar di media setempat menunjukkan orang-orang panik dan berjalan ke lapangan, sejumlah petugas kesehatan memberi perawatan media pada korban. Banyak rekaman kejadian dikirim ke polisi untuk diselidiki.

Menteri Kesehatan El Salvador Fransisco Alabi menyampaikan, ketika kejadian pihaknya telah mengerahkan ambulans dari rumah sakit terdekat menuju stadion untuk menolong para korban yang luka dengan cepat.

Federasi Sepakbola El Salvador menyesalkan kejadian ini dan berjanji akan memberi dukungan serta pertolongan untuk korban dan keluarganya.

Kerusuhan sepakbola di El Salvador ini terjadi karena penggemar yang tidak mendapat tiket masuk berupaya masuk paksa dengan membuka paksa pintu gerbang, mereka menyerbu stadion sehingga membuat penonton di dalam panik, semua penonton berlarian mengakibatkan banyak korban terinjak-injak. Belum diketahui siapa sosok provokator di balik kericuhan ini.

Baca Juga : Duel Sengit Indonesia vs Argentina Bakal Digelar di GBK